SMP 2 Pandaan Raih Adiwiyata Mandiri

1630
Siswa SMPN 2 Pandaan.

Pandaan (wartabromo) – Jumlah Sekolah Adiwiyata Mandiri di Kabupaten Pasuruan semakin bertambah.

SMPN 2 Pandaan sukses melanjutkan perjalanan 7 sekolah lain yang sudah menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri, yakni SMPN 1 Gondangwetan, SMPN 2 Gondangwetan, SMPN 1 Pandaan, SDN I Nongkojajar, SMAN I Grati, SMAN I Gondangwetan, dan SMPN 2 Winongan.

Arief Agung Wijayanto Kepala SMPN 2 Pandaan akan menerima penghargaan tersebut langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, di Istana Siak, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, 22 Juli 2016.

“Lega dan plong rasanya, karena perjuangan dan kerja keras kita akhirnya membuahkan hasil. Inilah hadiah yang Tuhan berikan kepada kami, dan semoga prestasi ini bisa kami pertahankan sampai kapanpun,” kata Arief, Sabtu (23/7/2016).

Sebelum ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri,SMPN 2 Pandaan harus melalui beberapa tahapan, mulai dari seleksi adiwiyata Kabupaten, Propinsi dan Nasional.

Setelah itu dilanjutkan dengan kunjungan tim penilai dari Kementerian Lingkungan Hidup maupun Tim Kurikulum Kementerian Pendidikan RI untuk seleksi adiwiyata mandiri.

Kata arief, pelaksanaan penilaian akhir telah selesai pada pertengahan mei 2016, di mana selain sekolah bersangkutan, penilaian juga dilakukan pada 10 sekolah imbas, sebutan untuk sekolah-sekolah binaan yang akan mengikuti jejak SMPN 2 Pandaan menjadi sekolah berbasis lingkungan.

“Penilaian untuk kali ini lebih kompleks, karena melibatkan 50% sekolah imbas yang dikunjungi oleh tim penilai. Mereka ingin membuktikan bahwa kita betul-betul melakukan pembinaan yang optimal,” pungkas Arief. (mil/fyd)