Belajar Mengelola Konten Media Siber dari Orang Perancis

532

Malang (wartabromo) – Selama kurun waktu lima tahun terakhir, media siber atau online terus tumbuh dan berkembang. Meski dikelola dalam skala kecil dengan sumber daya manusia dan teknologi terbatas, namun perkembangan media siber lokal harus diapresiasi. Terutama untuk mengimbangi dominasi media arus utama yang dimiliki oleh kelompok media besar.

Media lokal sangat berkontribusi memberikan konten berita lokal semakin beragam. Terutama dalam era konvergensi media, berita hadir berbentuk teks, foto, audio dan video.

“Media lokal yang dikelola secara bagus dengan memegang misi dan tujuan yang jelas akan menghasilkan konten yang bisa dinikmati oleh user atau pembaca, ” kata Sabine Torres, Pendiri dan direktur Dijonscpoe.com asal Perancis yang menjadi narasumber tunggal dalam pelatihan mengelola konten media siber yang diselenggarakan oleh Aliansi Jurnalis Independen Malang di Ubud Cotage, Senin (8/8/2016).

Menurut Sabine, pengelola media siber harus mampu memahami karakter serta profil user atau pembacanya untuk bisa menghasilkan konten – konten yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh masyarakat. Memiliki analisa SWOT dan mampu mengejawantahkannya dalam bentuk konten agar mampu terus berkembang.

IMG_20160808_123104“Kepuasan dan bertambahnya user melalui subscribe ke website konten kita itu merupakan bagian keberhasilan,” tambahnya.

Kegiatan pelatihan mengelola media siber dengan narasumber tunggal asal Perancis, Sabine Torres ini rencananya akan digelar selama dua hari mulai tanggal 8 Agustus – 9 Agustus 2016, besok.

Ketua AJI Malang Hari Istiawan mengatakan pelatihan ini diharapkan bisa mendorong media siber lokal untuk bertahan di tengah persaingan korporasi besar yang merajai media siber.

“Pelatihan akan menggabungkan pola teori dan praktik di lapangan. Sekaligus membedah masing-masing konten media siber yang dikelola masing-masing peserta, ” kata Hari.

Pelatihan ini, lanjutnya merupakan kerjasama antara AJI Malang, AJI Indonesia, D&P,dan CFI France dan diikuti 17 media siber lokal di Malang, Kediri, Bojonegoro, Surabaya dan Pasuruan.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat sekali karena kita bisa tahu tentang bagaimana mengelola media siber itu dengan baik dan bisa memberikan manfaat bagi banyak orang, ” kata Yogie Anggara, salah seorang peserta dari media online wartabromo.com.

Untuk diketahui, pelatihan serupa juga telah berlangsung di Denpasar, Yogyakarta, Purwokerto dan Lampung. (*)