12 Orang yang Akan Naik Haji Lewat Filipina Asal Pasuruan

852

Purwosari (wartabromo) – 14 orang dari 177 orang warga asal Indonesia yang akan naik haji dan ditahan oleh petugas Imigrasi di bandara Manila, Filipina diketahui berasal dari Jawa Timur antara lain 12 orang berasal dari Kabupaten Pasuruan dan 2 orang lainnya dari Kabupaten Sidoarjo.

Informasi tersebut diketahui dari anak kandung salah seorang calon jamaah haji asal Dusun Juri Desa Tejowangi Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan bernama Nuriyah (77) yang ikut ditahan di Filipina.

haji filipina“Ada sekitar 14 orang yang berangkat dari sini, ” kata Ishaq, anak kandung Nuriyah pada wartabromo.

Menurutnya, rombongan ibunya tersebut berangkat haji melalui Filipina melalui KBIH Arofah yang beralamatkan di Desa Sumbergedang Kecamatan Pandaan, Pasuruan.

Baca Juga :   Ingat, Parpol Akan Dicoret Jika Tak Lapor Dana Kampanye

“Ada yang dari Bangil, Pandaan dan Wonosunyo Gempol. Mereka berangkat pada tanggal 16 Agustus 2016 lalu,” tuturnya.

Pihak keluarga sendiri tak tahu jika keberangkatan Nuriyah menuju tanah suci harus mengalami kendala lantaran semua proses dilakukan sewajarnya termasuk adanya kegiatan manasik dan lain – lain.

“Kita tak tahu wong semuanya normal dan KBIH Arofah juga sering memberangkatkan haji, ” katanya.

Seperti diketahui, Petugas imigrasi di Bandara Manila Filipina mencegat 177 warga negara Indonesia yang akan naik haji menggunakan paspor Filipina. Mereka dicegah sebelum naik ke pesawat menuju Madinah, Arab Saudi, Jumat (19/8/2016) lalu. (yog/yog)