Keseruan Karnaval ‘Tentara Kardus’ di Desa Mulyorejo

5307

Kraton (wartabromo) – Pawai karnaval agaknya sudah menjadi agenda rutin bagi warga saat peringatan HUT Kemerdekaan RI. Tema karnaval pun tidak jauh dari seputar perjuangan, peperangan dan militer.

Suasana berbeda terlihat di Desa Mulyorejo Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan, Minggu (21/8/2016). Pasalnya, di sepanjang jalan desa tersebut banyak tentara Belanda dan pasukan berseragam doreng dengan persenjataan lengkap berbaris rapi. Kendaraan lapis baja itu pun melaju di jalan desa itu. Tapi jangan khawatir, jalan desa tak akan rusak karena dilalui kendaraan berat tersebut. Pasalnya, kendaraan dan senjata tersebut hanya terbuat dari kertas kardus bekas yang dimodel sedemikian rupa sehingga menyerupai aslinya.

KarnavalYa, para ‘tentara kardus’ tersebut sedang mengikuti pawai karnaval dan macak ala pejuang untuk memeriahkan HUT RI yang ke-71. Tak jarang, mereka beratraksi di jalanan layaknya militer yang membuat gelak tawa warga.

Tema perjuangan masih mendominasi kegiatan pawai karnaval yang diikuti oleh perwakilan masing – masing RT di Desa setempat. Selain juga tema pembangunan dan profesi.

“Pawai Karnaval tingkat Desa yang di ikuti oleh 19 RT dan 6 sekolah, ” kata Kepala Desa Mulyorejo, Sutrisno.KarnavalMeski berpawai ala kadarnya dan bermodal kardus – kardus bekas. Namun tak menyurutkan langkah dan Kemeriahannya, apalagi sejumlah mahasiswa Unmer Pasuruan yang sedang KKN di Desa setempat ikut tampil dan tampil dan berpawai dalam kegiatan tersebut.

“Yang penting seru – seruan dan kompak, ” kata Novi Hidayati, Mahasiswa KKN-t Kelompok 11 Unmer Pasuruan.

Para pemenang pawai karnaval ini rencananya akan diumumkan bersama dengan kegiatan resepsi tingkat desa untuk mendapatkan hadiah spesial yang didapatkan dari hasil urunan Agustusan dan bantuan kepala desa setempat. (*/**)