Anggota Dewan Probolinggo Telat Gajian

1328

Mayangan (wartabromo) – Bulan November ini, anggota DPRD Kota Probolinggo tak bisa menikmati gaji tepat waktu. Gaji yang biasanya didapat pada awal bulan, diperkirakan baru bisa cair beberapa hari ke depan.

Keterlambatan gaji ini sebagai imbas dari belum rampungnya pembahasan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Kota Probolinggo tahun 2016. Padahal, anggaran untuk gaji anggota DPRD di dalam APBD induk, hanya cukup sampai Oktober. Sedangkan untuk gaji bulan selanjutnya, menunggu duit Perubahan APBD.

Sementara hingga Selasa (1/11/2016), Badan Anggaran (Banggar) DPRD bersama tim anggaran eksekutif, masih membahas evaluasi Gubernur Jatim atas Perubahan APBD 2016.

Menurut Ketua DPRD Kota Probolinggo, Agus Rudiyanto Ghaffur, mengakui adanya keterlambatan gaji bagi para wakil rakyat itu. Dan itu merupakan konsekuensi atas belum rampungnya P-APBD 2016. “Tidak apa-apa telat satu dua hari, yang penting gajian. Bagi kami tidak masalah,” ujar politisi PDI-P ini.

Baca Juga :   Datang ke Pasuruan, Calvin Jeremy Kagumi Bangunan Kuno dan Bakso

Menurut pria yang biasa disapa Rudi itu, pembahasan evaluasi Gubernur Jatim atas P-APBD 2016, dijadwalkan rampung besok (2/11/2016). Setelah itu, anggaran gaji dewan di dalamnya, bisa segera dicairkan. “Rabu besok sudah rampung, InsyaAllah setelah itu kami sudah bisa menikmati gaji,” katanya.

Keterlambatan gaji anggota dewan, tak dialami oleh seluruh pegawai Pemkot Probolinggo. Pegawai dipastikan tidak terimbas keterlambatan Perubahan APBD 2016, karena gaji pegawai dibayar di akhir bulan.

“Gaji untuk eksekutif, tidak terimbas. Keterlambatan hanya bagi legislatif saja, itupun hanya satu sampai dua hari,” kata Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA), Agus Hartadi. (saw/fyd)