Maling Bobol Kantor Pendapatan Kabupaten Probolinggo, Bawa Kabur Jutaan Rupiah

1040

Mayangan (wartabromo) – Kantor Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Probolinggo dibobol maling, Kamis (1/12/2016). Uang puluhan juta rupiah dan laptop raib dibawa pelaku.

IMG_20161201_154655Pencurian ini pertama kali diketahui oleh penjaga kantor pada saat membuka ruangan pelayanan. Saat menyalakan lampu, brankas penyimpanan uang ditemukan telah terbuka dengan kondisi gembok rusak akibat di las.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Probolinggo, Hadi Prayitno, menyatakan sekitar pukul 5.00, salah saru staffnya menelpon dan memberitahukan adanya pencurian ini.

“Ya dinas pendapatan dapat musibah pencurian. Tadi anah buah saya yang bagian bersih-bersih jam empat sudah buka kunci dan anak buah yang satunya masukkan teh. Saat masukkan teh itulah menyalakan lampu dan kelihatan brangkas sudah terbuka, kemudian lapor ke temannya dan lapor ke saya,” tuturnya.

Satuan Reskrim polres Probolingo Kota yang mendapat laporan langsung melakukan olah tempat kejadian perkara di kantor Dispenda Kabupaten Probolinggo, jalan Suroyo nomor 49, Kota Prooblinggo. Olah tkp dilakukan di ruang pelayanan pajak daerah yang menjadi tempat penyimpanan uang.

Di ruang tersebut petugas memeriksa brangkas, lemari dan kondisi ruangan. Dugaan sementara pencuri memasuki ruangan kantor melalui ventilasi udara pada Kamis dini hari. Sedangkan kerugian yang ditimbulkan akibat pencurian tersebut mencapai Rp. 135 juta beserta sejumlah laptop.

Kasatreskrim Polres Probolinggo Kota AKP. Suwancono mengatakan, saat ini piihaknya masih melakukan penyidikan dan pemeriksaan saksi-saksi. Yakni penjaga kantor, pemegang kunci ruangan dan juga melalui rekaman CCTV.

“Jadi untuk barang yang diambil ada di ruang pelayanan pajak. Sementara ini kita belum memperkirakan berapa pelakunya. Termasuk apakah ada keterlibatan orang dalam,” ujar Kasatreskrim.
Polisi menduga kasus pencurian ini melibatkan orang dalam. Saat ini, kasus tersebut ditangani secara intensif oleh Satreskrim Polres Probolinggo Kota. (saw/fyd)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.