BPBD : Banjir Genangi 4 Kecamatan di Kabupaten Pasuruan

1060

Pasuruan (wartabromo.com) – Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah pegunungan secara terus menerus, Jumat (30/12/2016) siang mengakibatkan banjir menggenangi jalan dan pemukiman warga.

Data yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasuruan hingga berita ini ditulis menyatakan, ada sejumlah desa di 4 Kecamatan di Kabupaten Pasuruan yang wilayahnya tergenang banjir yakni Kecamatan Gempol, Kecamatan Winongan, Kecamatan Rejoso dan Grati.

“Saat ini BPBD, Muspika, relawan masih standby dan monitor di lokasi banjir dengan peralatan penanggulangan bencana, ” kata Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana pada wartabromo.com

IMG-20161230-WA0045

Diakuinya, ketinggian banjir cukup bervariasi mulai 10 centimeter hingga 50 centimeter. Hal ini diakibatkan tingginya curah hujan yang terjadi serta melubernya air sungai maupun saluran air yang tersumbat.

Baca Juga :   Ingat! Ini Perbedaan Pendamping Desa dan Eks PNPM

“Sampai saat ini, walaupun ada beberapa rumah yang kemasukan air sekitar 10 centimer, namun warga tidak sampai mengungsi, ” urainya.

Berikut data lokasi banjir yang dihimpun oleh tim BPBD dan relawan serta Muspika.

1. Kecamatan Gempol : wilayah yang terkena banjir meliputi Desa Gempol dan Desa Legok, ketinggian sekitar 50 centimeter di jalan pemukiman. Penyebabnya disebabkan tersumbatnya saluran air di bawah bunderan tol Gempol.

2. Kecamatan Winongan meliputi Desa lebak, Desa bandaran, Desa prodo dan Desa Winongan Kidul. Ketinggian sekitar 50 cm di jalan pemukiman, penyebab curah hujan tinggi.

3. Kecamatan Rejoso meliputi Desa Kandangan dan Desa Manikrejo, penyebab curah hujan tinggi di hulu sungai petung, ketinggian sekitar 50 cm di jalan pemukiman.

Baca Juga :   Pencak Silat Hangatkan Pembukaan Agrofest Kalipucang

4. Kecamatan Grati : banjir menggenangi Desa Kedawungkulon dan Desa kedawungwetan, ketinggian sekitar 50 cm di jalan pemukiman, akibat curah hujan tinggi di jalur sungai rejoso.

(yog/yog)