Prajurit Kodim 0820 Probolinggo Serbu Rawa Tirta

2244

Leces (wartabromo.com) – Ratusan prajurit Kodim 0820 Probolinggo menyerbu Rawa Tirta di Desa Sumber Kedawung, Kecamatan Leces, Rabu (8/3/2017). Mereka bukannya menembaki warga, melainkan membersihkan enceng gondok yang menutupi rawa tersebut.

Sejak pagi hari, ratusan tentara ini bersama elemen masyarakat, diantaranya BPBD, Orari, Pramuka dan warga desa, terjun ke rawa yang dipenuhi enceng gondok. Pasalnya, gulma pengganggu ini lebih dari setahun menutupi dan sangat merugikan ekosistem rawa. Namun, tidak dimanfaatkan oleh warga, sehingga terlihat kotor.

Menurut Perwiara Penghubung (Pabung) Kodim 0820 Mayor Arh Ciptadi, membersihkannya enceng gondok dari Rawa Tirta bertujuan untuk memberi manfaatkan bagi warga sekitar. Semisal dimanfaatkan sebagai budidaya ikan air tawar. “Selama ini, rawa tersebut tidak dimanfaatkan oleh warga karena tertutup enceng gondok. Harapan kami, setelah dibersihkan rawa ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Baca Juga :   Dirampas Maling Bersenpi, Mobil Curian Berhasil Ditemukan

IMG-20170308-WA0089

Selain dapat dimanfaatkan sebagai lahan budidaya ikan air tawar, rawa ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber air bersih oleh warga sekitar. Serta untuk sumber air bagi puluhan hektar lahan pertanian milik warga. “

Camat Leces Heri Mulyadi mengakui, selama ini rawa tirta tidak dimanfaatkan oleh warga. Padahal, rawa yang memiliki luas lebih dari satu hektar itu sangat potensial jika dimanfaatkan oleh warga. Padahal, rawa itu dapat dipakai untuk karamba ikan. Sementara tanaman eceng gondoknya dipakai kerajinan, sedang endapannya dipakai untuk pupuk kompos.

Karena ia akan memberikan pelatihan-pelatihan keterampilan kreatif, seperti kerajinan dari enceng gondok. “Masyarakat masih belum memanfaatkan enceng gondok untuk kegiatan bermanfaat. Nanti kami akan menggandeng instansi terkait agar warga sekitar mendapat pelatihan kreatif,” katanya. (saw/saw)