Ratusan Pajurit Kodim 0820/Probolinggo Siap Hadapi Pilkada

858

Probolinggo (wartabromo.com) – Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Serentak sudah di depan mata. Kodim 0820/Probolinggo pun menyiapkan ratusan prajuritnya untuk menjaga teritorialnya.

Tahun 2018 mendatang, dua wilayah di Probolinggo, yakni Kota dan Kabupaten akan melaksanakan Pilkada Serentak. Untuk Kota, ada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota untuk periode 2019-2024, sementara di Kabupaten ada pemilihan Bupati dan Wakil bupati Probolinggo periode 2018-2023. Sehingga Kodim 0820/Probolinggo perlu mempersiapkan diri sesuai fungsi.

Dalam menghadapi pesta demokrasi itu, Kodim 0820/Probolinggo menyiapkan 500 prajurit dari semua unsur. “Kami juga tengah mengusulkan tambahan pasukan ke Kodam. Namun, belum tahu apakah itu akan disetujui atau tidak,” ujar Dandim 0820/Probolinggo, Letkol Kav Depri Rio Saransi, saat Apel Luar Biasa di Makodim, Senin (20/11/2017).

Baca Juga :   Arief Ilham Terpilih Sebagai Ketua Komisi II DPRD Kota Pasuruan

Dandim mengingatkan kepada anggotanya untuk selalu netral dalam Pilkada nanti. Baginya secara organisasi, anggota TNI AD harus tetap kukuh dengan komitman sebagai organisasi yang netral dalam Pilkada serentak. Demi terlaksananya tugas pokok TNI AD dalam mengawal demokrasi.

Ia mengakui, dalam Pilkada 2018 nanti, tugas Kodim 0820/Probolinggo dibilang cukup berat. Karena ada dua wilayah yang secara bersamaan melaksanakan pemilihan. Karenanya ia meminta kepada anggotanya untuk tetap berpegang teguh sebagai Prajurit Sapta Marga.

“Saya tidak mau terjadi pelanggaran sekecil apapun oleh anggota dalam pelaksanaan tugas pengamanan Pilkada. Jangan sampai ada yang tergiur dengan janji-janji manis peserta Pilkada. Jika melanggar pasti akan kami sanksi tegas,” tegas Letkol Depri. (lai/saw)