5 Hari Dipamerkan di Jakarta, 40 Ton Mangga Alpukat Ludes Terjual

3440

 

Jakarta (wartabromo.com) – Sebanyak 40 ton mangga alpukat terjual dalam Pesta Mangga Alpukat di Mangga 2 Square, Jakarta. Dahsyatnya, raihan itu didapat kurang dari sepekan atau lima hari, sejak 17 Nopember 2017, dipamerkan.

Mangga Alpukat, buah sebagai salah satu ikon Kabupaten Pasuruan sepertinya menjadi rebutan warga Ibu kota Jakarta.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf pun mengaku tak menduga, promosi Mangga Klonal 21 alias Mangga Alpukat, terbilang sukses.

Tidak tanggung-tanggung, pejabat pemerintah, pengusaha, sampai selebritis tanah air sudah mencoba mangga alpukat. Sepertinya tampak ketagihan.

“Ini sangat luar biasa, Ada Ari Wibowo, Shezi Idris, pemain sinetron Anak Langit, dan lainnya, semuanya suka mangga alpukat,” kata Irsyad.

Irsyad sengaja terjun bersama-sama petani mangga untuk menjual mangga alpukat di Jakarta. Lebih 10 petani diajak untuk langsung menjual mangga mereka, dengan harga Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram.

Baca Juga :   Pegawai RS Soedarsono Resah, 3 Bulan Uang Jasa Pelayanan Belum Dibayar

Dengan mengajak petani, dikatakan Irsyad sebagai bentuk dorongan agar terus memasarkan mangga alpukat. Pun salah satu upaya perluasan pasar, disamping menjualnya langsung di kebun.

“Kalau sudah di Jakarta, para petani jadi tahu bahwa mangga mereka benar-benar laku di pasaran. Buktinya saya lihat sendiri, pokoknya luar biasa. Mangga 8 truk habis semua hanya dalam 5 hari,” imbuhnya.

Diperkirakan, mangga sebanyak 8 truk tersebut setara dengan 40 ton. Jumlah sebanyak itu, laris manis diserbu pembeli.

Dijelaskan, setiap hari sebanyak 10 ton atau 2 truk mangga alpukat melaju ke Jakarta. Bila per kilo rata-rata diambil Rp 25 ribu, maka untuk 10 ton perhari, petani mendapatkan uang Rp 250 juta.

Baca Juga :   Jamin Kenyamanan Ibadah Ramadan, Polresta Pasuruan Amankan 128 Preman

Pesta Mangga Alpukat sedianya digelar sampai 26 Nopember 2017. Kerjasama antara Pemkab Pasuruan dengan pihak swasta terkemuka yang berpusat di Jakarta.

“Nah, pamerannya ini berlangsung sepuluh hari, kalau dikalikan berarti sudah Rp 2,5 Miliar dibawa pulang ke Kabupaten Pasuruan. Saya ikut bahagia mendengarnya. Selamat untuk para petani mangga alpukat di Kabupaten Pasuruan,” ucap adik kandung Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf itu.

Salah satu artis Ibukota, Shezi Idris mengungkapkan sukacita pengalaman mengenal mangga alpukat. Menurutnya, mangga alpukat memiliki tekstur berbeda, padat, dan tak berair banyak. Terlebih, selain manis, mangga ini bisa dimakan dengan cara disendok.

“Ini pertama kalinya. Mangga Alpukat enak banget, saya akan ke Pasuruan untuk makan langsung dari kebunnya,” kata Sezhi Idris sambil mencicipi mangga.

Baca Juga :   Sidak Wisata Selokambang, Wabup Lumajang Temukan Kejanggalan

Sedikit promosi, Shezi pun mengajak warga Jakarta dan sekitarnya, datang berbondong-bondong ke Mangga Dua Square. Apalagi kalau bukan untuk memborong langsung mangga alpukat. Sebab, khusus pada kesempatan ini, mangga alpukat dijual dengan harga murah langsung dari para petaninya.

“Hai teman-teman seluruh Jakarta khususnya, ayo ke Mangga Dua Square karena lagi ada mangga alpukat dari Pasuruan yang didatangkan langsung dari petaninya. Ini namanya buah mangga zaman now,” papar selebritis dengan nama Shilya Patrice Kirana Idris tersebut. (mil/ono)