Tentukan Awal Ramadhan, PCNU Kabupaten Pasuruan Laksanakan Ru’yatul Hilal

539

Pasuruan (wartabromo.com) – PCNU Kabupaten Pasuruan akan melaksanakan Ru’yatul Hilal untuk tentukan awal bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah. Aktifitas ini sebagai upaya mendukung pada penetapan awal Ramadhan oleh Kementrian Agama RI.

“Untuk ketetapan awal Ramadhan 1439 H menunggu Itsbat Pemerintah,” ujar A. Faisol Amrulloh, Ketua Pokja Ramadhan PCNU Kabupaten Pasuruan.

Dipastikan, keberadaan NU dalam aktifitas ini sebagai upaya mendukung pada penetapan awal Ramadhan oleh Kementrian Agama RI. Diungkapkan oleh ketua Pokja Ramadhan, yang juga Wakil Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan ini, pada prosesnya, metode ini menjadi dasar selanjutnya, untuk diputuskan pada sidang isbat, yang rencananya dilakukan pada Selasa malam.

Dengan Lembaga Falakiyah NU, Ru’yatul Hilal akan dilakukan di Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfir atau Lapan Watu Kosek, Gempol, Pasuruan, pada Selasa (15/5/2018) sore ini.

Sementara itu, menurut Ahmad Tholhah, Ketua Lembaga Falakiyah PCNU Kabupaten Pasuruan, Aktivitas mengamati bulan sabit yang tampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak itu, akan ada sekira 10 orang perwakilan dari PCNU Kabupaten Pasuruan. Kesemuanya akan mengamati hilal, bersama dengan perwakilan yang bertugas dari masing-masing lembaga pengamat hilal.

“Nanti melihat bersama masyarakat juga, warga juga nanti diedukasi untuk melihat ru’yatul hilal ini,” tutupnya. (may/ono)