Tarik Partisipasi Pemilih, Camat Lekok Siapkan Puluhan Ribu Kupon Berhadiah

1797

Lekok (wartabromo.com) – Tingkatkan partisipasi masyarakat pada penyelenggaraan Pemilihan Bupati (Pilbup) Pasuruan dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018, Kecamatan Lekok menyediakan puluhan ribu kupon doorprize. Kupon berhadiah peralatan rumah tangga ini nantinya akan diundi setelah pemilihan berlangsung.

Camat Lekok, Nur Kholis mengatakan, pemberian doorprize ini pada masing-masing TPS memberikan doorprize dengan menggunakan anggaran dari tiap kantor desa atau swadaya warga sekitar.

Pemberian doorprize untuk meningkatan partisipasi masyarakat dalam munggunakan hak pilihnya 27 Juni mendatang itu, berupa kulkas, kipas angin, mesin cuci, kompor gas, dan beberapa hadiah lain. Dikatakan kemudian, semua warga bisa mendapatkan kupon gratis dari kecamatan untuk diundi di setiap TPS.

Baca Juga :   Korban Ledakan Bondet adalah Residivis dan Pelaku Curas

“Teinisnya nanti, untuk kupon yang belum mendapatkan doorprize, bisa langsung dikasihkan ke kantor desa, guna mendapatkan hadiah utama saat proses perhitungan sedang berlangsung,” tutur Kholis.

Diketahui, ada 101 TPS dan 52 ribu kupon yang telah disediakan pihak kecamatan untuk warganya.

Kholis melanjutkan, pemberian hadiah lebih disebabkan oleh mayoritas warga Lekok adalah nelayan, yang jarang libur untuk melaut. Ini menjadi momen tepat untuk menarik partisipasi masyarakat.

“Kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat supaya berpartisipasi aktif di pemilu, baik Pilbup maupun Pilgub. Terutama di Pilgub Jatim. Kami ingin masyarakat memahami dan menyadari pentingnya memilih kepala daerah, yang akan memperjuangkan aspirasi mereka nanti,” jelasnya.

Baca Juga :   Da'i Cilik asal Probolinggo Jadi Jawara Duta Pencegahan Narkoba

Kholis berharap, kehadiran masyarakat di TPS dengan membawa kupon berhadiah, bukan menjadi tujuan utama. Tetapi tujuannya tetap untuk ikut menyimak jalannya sosialisasi tahapan pemilu.

“Intinya, kami ingin masyarakat bisa terlibat aktif di dalam mensukseskan pemilu Pilbup dan Pilgub Jatim 2018,” Pungkasnya. (trd/may)