Siasati Topografi, Distribusi Logistik Dibagi Dalam 2 Waktu

381

Probolinggo (wartabromo.com) – Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Probolinggo sudah memasuki tahap packing dan distribusi logistik. Agar lancar, KPU Kabupaten Probolinggo mendistribusian logistik dalam dua jangka waktu.

KPU Kabupaten Probolinggo sejak Sabtu (23/6/2018) hingga hari ini, Senin (25/6/2018) melakukan proses packing logistik berupa surat suara dan formulir kebutuhan KPPS pada Pemilihan Bupati (Pilbup) Probolinggo dan Pemilihan Gubernur (Pilgub), di kantor KPU. Dalam sehari, petugas melakukan packing logistik untuk 8 kecamatan, sehingga proses packing memakan waktu selama tiga hari.

Sementara pendistribusian logistik Pilkada dilakukan selama dua hari, yakni Minggu dan Senin. Pendistribusian dalam 2 waktu itu untuk mempermudah kelancaran. Sebab, topografi Kabupaten Probolinggo, tidak sama antara wilayah bagian utara dan selatan.

“Pendistribusian logistik ini mendapatkan pengawalan keamanan yang cukup ketat. Termasuk saat logistik sudah tiba di kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pun akan mendapatkan penjagaan penuh,” ujar Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, M. Zubaidi, Senin (25/6/2018).

Untuk keperluan pagelaran Pilkada Serentak ini, KPU menyiapkan 4.000 bilik suara dan kotak suara. Dengan perhitungan, di Kabupaten Probolinggo ada 1.700 TPS, tiap TPS ada 2 kotak suara dan bilik suara. Kemudian ditambah di tiap kecamatan ada 8 kotak suara dan bilik suara.
Logistik itu disimpan di kantor PPK sampai tanggal 26 Juni. Sebab tanggal 26 Juni itu distribusikan ke PPS masing-masing desa. Baru kemudian tanggal 27 Juni 2018 atau hari H, didistribusikan ke KPPS atau TPS.

“Semua logistik yang dibutuhkan saat hari H sudah lengkap dan tuntas. Khusus untuk Pulau Gili, pendistribusiannya selain dikawal oleh anggota Polresta, juga dikawal Satpolair Polres Probolinggo,” tandas Zubaidi. (cho/saw)