Melihat Pilkada Serentak di Probolinggo

1867


Probolinggo (wartabromo.com) – Dua daerah di Probolinggo hari ini melaksanakan pemilihan kepala daerah. Untuk Kabupaten ada dua kontestan, sementara di Kota Probolinggo ada 4 kontestan.

Pada Pilbup Probolinggo, dua Paslon itu adalah Puput Tantriana Sari – Timbul Prihanjoko (HATI) dengan nomor urut 1. Kemudian paslon nomor urut 2 Abdul Malik Haramain – Mohammad Muzayyan (MMC). Mereka memperbutkan suara sebanyak 845.901 jiwa dari DPT yang ditetapkan KPU Kabupaten Probolinggo.

HATI didukung multi partai politik yakni 5 parpol yang mengusung, yakni Partai NasDem, PDIP, PPP, Partai Golkar, dan Partai Gerindra. Koalisi gendut ini mempunyai 34 kursi parlemen. Selain itu, juga didukung oleh Partai Hanura, PKS, dan PAN. Sementara MMC didukung oleh PKB dan Demokrat dengan 9 kursi di parlemen.

Baca Juga :   Mahasiswi Pemandu Lagu Diamankan Diduga Nyambi Edarkan Sabu

Calon Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari mencoblos di TPS 2 Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan. Sedangkan Calon Wakil Bupati Timbul Prihanjoko mencoblos di TPS 6 Desa Maron Kidul, Kecamatan Maron.
Untuk Calon Bupati Abdul Malik Haramain tidak mencoblos karena berKTP di luar Kabupaten Probolinggo, sedangkan Mohamad Muzayyan mencoblos di TPS 8 Kelurahan Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan.

Untuk keperluan pagelaran Pilkada Serentak ini, KPU menyiapkan 4.000 bilik suara dan kotak suara. Dengan perhitungan, di Kabupaten Probolinggo ada 1.700 TPS, tiap TPS ada 2 kotak suara dan bilik suara. Kemudian ditambah di tiap kecamatan ada 8 kotak suara dan bilik suara.
“Diharapkan partisipasi warga minimal mencapai 80 persen. Warga diharapkan betul-betul memahami calon yang dipilihnya,” kata Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, M. Zubaidi, Rabu (27/6/2018).

Baca Juga :   Tersulut Tungku Pengasapan Ikan, 4 Rumah Warga Mlaten Terbakar

Sementara di Kota Probolinggo, pada Pilwali diikuti oleh empat paslon walikota. Yakni Suwito – Ferry Rahyuwono dari jalur independent. Serta dari jalur partai ada Fernanda Zulkarnaen – Zulfikar Imawan, Syamsu Alam – Kulup Widyono, dan Hadi Zainal Abidin – M. Soufis Subri.

Untuk Pilwali Kota Probolinggo ada 163.576 yang masuk dalam DPT dengan jumlah TPS 379. Dalam Pilwali kali ini, Walikota Probolinggo Rukmini tidak ikut kontestasi. Meski begitu ia turut berpartisipasi dengan menggunakan hak suaranya di TPS 08, RT 2 RW 4, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran.

Sementara untuk paslon nomor urut 1 Suwito mencoblos di TPS 9 Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan. Nomor urut 2 Fernandi Zulkarnaen nyoblos di TPS 29 Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan. Sedangkan Paslon nnomor urut 3 Syamsu Alam mencoblos TPS 13 Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan. Serta Paslon nomor urut 4 Hadi Zainal Abidin mencoblos di TPS 12 Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan.
Untuk Pilkada Serentak di Kota Probolinggo, ada 1.939 personel gabungan yang disiagakan. Rinciannya, personel Polresta 371 anggota, 100 personel Armed Jember, 75 personel Brimob Detasemen B Malang Polda Jatim, serta Linmas sebanyak 1.393 orang.

Baca Juga :   Innalillahi! Nenek Sebatang Kara Tewas Terpanggang

“Mudah-mudahan pelaksanaan berjalan dengan lancar tanpa gangguan, baik kendala tehnis maupun keamanan. Hingga saat ini, belum ada laporan problem di lapangan,” kata Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri secara terpisah. (saw/saw)