Tahun Depan, PDAM Akan Layani Pasokan Air Bersih Perusahaan di Kabupaten Pasuruan

581

Bangil (wartabromo.com) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pasuruan akan melayani pasokan air di berbagai perusahaan pada 2019. Program ini dijalankan beriringan dengan berjalannya SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Umbulan.

Zaari, Direktur PDAM Kabupaten Pasuruan mengatakan, ada perusahaan-perusahaan baru yang akan berdiri di PIER (Pasuruan Industrian Estate Rembang) tahun depan. Perusahaan ini yang nantinya akan dilayani PDAM Kabupaten Pasuruan.

“Dari hasil kesepahaman, diperkirakan Juli 2019 mendatang, pelayanan air bersih mulai dilaksanakan sejalan dengan beroperasinya SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Umbulan,” kata Zaari, Direktur PDAM Kabupaten Pasuruan.

PDAM Kabupaten Pasuruan akan memberikan layanan air sebesar 100 liter per detik untuk seluruh perusahaan baru yang akan beroperasi tahun 2019 mendatang, khususnya di bagian selatan Tol Rembang, Kecamatan Bangil. Dikatakan, saat ini jumlah layanan air bersih ke perusahaan terbilang masih minim. Tercatat, tak lebih dari 70 perusahaan yang dilayani oleh PDAM Kabupaten Pasuruan alias masih sangat sedikit dari jumlah perusahaan di Kabupaten Pasuruan yang terbilang ribuan.

“Kita masih menunggu sampai operasional SPAM Umbulan sudah bisa terlaksana, sehingga pelayanan pun bisa langsung dilakukan. Dalam artian kita menunggu dari selesainya program SPAM Umbulan ini,” tambahnya.

Sementara untuk seluruh biaya pembangunan instalasi air, mulai dari jaringan, pipa dan hal teknis lainnya, ditanggung oleh PT SIER (Surabaya Industrial Estate Rungkut). Hal ini sesuai dengan yang tercantum pada MoU (Memorandum of Understanding) dengan PT SIER .

Namun, untuk nominal harga layanan air bersih yang harus dibayar per bulannya, Zaari mengaku belum mengetahui besaran rupiahnya.

“Kalau perusahaan di Kabupaten Pasuruan jumlahnya bisa mencapai ribuan. Dengan MoU ini, perlahan demi perlahan banyak perusahaan yang kita layani, dan itu dampaknya juga bakal banyak, salah satunya adalah menambah pemasukan atau pendapatan bagi Kabupaten Pasuruan (PAD),” jelas dia.

Dikatakan sebelumnya layanan air bersih ini ditangani oleh PDAB (Proyek Daerah Air Bersih) Jawa Timur. Namun, saat ini sudah beralih ke PDAM Kabupaten Pasuruan dalam bentuk kerja sama dengan PT. SIER. (mil/may)