Pedagang Raup Berkah di Haul Kyai Hamid

877

Pasuruan (wartabromo.com) – Acara rutin tahunan Haul KH. Abdul Hamid Kota Pasuruan menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang kaki lima (PKL). Pedagang mendapatkan keuntungan hingga 2x lipat dari hari biasanya.

Meski acara dipusatkan di Pondok Pesantren Salafiyah, namun dampak perekonomian meluas ke area di sekitarnya. Seperti area sekitar masjid jamik Kota Pasuruan yang dipenuhi ratusan pedagang kaki lima dengan menawarkan bermacam kuliner khas Pasuruan.

Hal tersebut terpancar dari senyum bahagia seorang penjual tahu, Yudi (33) yang berkeliling di area alun-alun Kota Pasuruan. Ia mengaku dapat keuntungan yang melimpah dari acara ini.

“Dapet 2 kali lipat keuntungannya, jika ada Haul ini,” ungkap Yudi kepada wartabromo.com.

Rezeki tersebut tak hanya didapatkan oleh pedagang makanan. Para penjual alas duduk juga laris diserbu para jamaah Haul.

Salah seorang pedagang alas duduk, Ahmad Hidar (38) mengaku telah 3 tahun ini berjualan di acara Haul KH. Abdul Hamid. Barang dagangannya banyak diminati para pengunjung haul sebab alas duduk yang dijualnya sangat bermafaat untuk para jamaah dari luar daerah yang tidak membawa alas untuk duduk.

“Alas duduk yang saya jual laku keras, dijual 10 ribu untuk satu alas, sudah banyak yang beli,” terangnya.

Untuk keuntungan yang didapat para penjual alas duduk untuk para jamaah bisa mencapai 100 ribu hingga 200 ribu saat acara puncak haul yang tidak sampai satu hari penuh itu.

Sekedar diketahui, para jamaah yang hadir di Haul Kyai Hamid ini, datang dari berbagai daerah seluruh Indonesia, menggunakan berbagai macam alat transportasi. Diantaranya, bus, mobil elf, kendaraan pribadi, hinga perahu. Lalu mereka menginap di beberapa titik penginapan yang sudah disediakan oleh panitia. (trd/may)