Ada 305 Kasus TBC di Kota Pasuruan, Panggungrejo Terbanyak

422

Pasuruan (wartabromo.com) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pasuruan temukan 305 kasus Tuberkulosis (TBC). Kecamatan Panggungrejo menjadi daerah penyumbang terbesar kasus ini.

Data kasus TBC di Kota Pasuruan ini terangkum sejak Januari hingga September 2018 dari 4 Kecamatan di Kota Pasuruan.

“Ada 111 kasus di Panggungrejo,” ujar Kuswandi, Kasie Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kota Pasuruan, ketika ditemui di ruangannya, Senin (19/11/2018).

Menurut Kuswandi, banyaknya kasus TBC di Kecamatan Panggungrejo ini dinilai karena wilayah utara lingkungannya kumuh. Selain itu, jumlah Kelurahan yang berada dalam wilayah Kecamatan Panggungrejo lebih banyak dari 3 Kecamatan lainnya.

Sementara itu, di Kecamatan Gadingrejo, tercatat ada 73 kasus TBC, Kecamatan Bugul Kidul 64 kasus, dan Kecamatan Purworejo 57 kasus.

Harry P, pengelola program Penyakit Menular Dinkes Kota Pasuruan menjelaskan, dari 305 kasus TBC di Kota Pasuruan terbagi atas 2 kategori. Diantaranya, kategori anak (usia kurang dari 15 tahun), dan dewasa (usia lebih dari 15 tahun).

“Ada 71 kasus TBC yang menyerang anak-anak, sisanya kasus dewasa” tutur Harry.

Dari 305 kasus TBC yang ada di Kota Pasuruan, 3 orang dinyatakan meninggal dunia. Kasus meninggal itu diketahui masuk dalam kategori dewasa. (trl/may)