“Dibantu” Hujan, Petugas Damkar Berhasil Jinakkan Api Pabrik Plastik di Pandaan

660
Sejumlah petugas damkar berjibaku, coba jinakkan api.

Pandaan (wartabromo.com) – Api yang membakar pabrik plastik di Pandaan, Kabupaten Pasuruan mulai dapat dijinakkan. Hujan cukup membantu upaya pemadaman, meski petugas masih melakukan pembasahan di sejumlah titik lokasi kebakaran.

Kobaran api, yang mengamuk di 4 gudang pabrik pengolahan plastik itu sudah tidak terlihat lagi. Namun, asap masih terus mengepul dari puing-puing bangunan milik PT Karunia Sentosa Plastik (beberapa sumber menyebut PT. Mega BFA Indah) tersebut.

Kepala Pemadam Kebakaran (PMK) Kabupaten Pasuruan, Ruspandi mengatakan, api diyakini sudah dapat dijinakkan, bersamaan dengan hujan yang mengguyur wilayah Pandaan.

[Simak Videonya : Kebakaran Pabrik Plastik di Pandaan]

Ia menjelaskan ada 4 unit mobil damkar bahu-membahu menghadapi amukan api. Selain 2 mobil kebakaran dari Pemkab Pasuruan, mobil damkar dari PT HM Sampoerna dan PT Gudang Garam juga turut bekerja membantu upaya pemadaman.

Hal cukup membantu saat itu adalah kondisi cuaca yang tiba-tiba hujan, mengguyur sebagian wilayah Pandaan. Karuan saja, api lebih mudah dijinakkan dan tidak kian meluas ke seluruh areal pabrik.

“Saat ini, masih pembasahan,” ujar Ruspandi, Selasa (20/11/2018).

Dijelaskan, pembasahan dilakukan di seluruh areal lokasi kebakaran pabrik yang berada di Dusun Kedondong, Desa Sumbergedang, Kecamatan Pandaan itu.

Diyakini, seluruh bahan plastik yang tersimpan dalam 4 gudang pabrik ludes dilalap api, yang diduga terjadi akibat korsleting listrik tersebut. Namun demikian, pihaknya belum mendapat laporan jumlah kerugian materiil, meski memastikan tidak ada korban dalam peristiwa kebakaran kali ini. (ono/ono)