Ini Tempat Wisata Lumajang Wajib Dikunjungi!

0
2702
Air Terjun Tumpak Sewu. (Foto: Instagram #Nature)

Lumajang (wartabromo.com) – Besok sudah weekend nih. Saatnya melepas penat dan pekerjaan yang selama seminggu ini telah menghantui. Nah, ini dia yang ditunggu. Ada rekomendasi tempat wisata yang seger-seger di Lumajang, untuk bolo warmo. Apa saja nih? Yuk Simak :

  1. Goa Tetes
Goa Tetes Lumajang. (Foto : Maya Rahma)

Wisata ini terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Goa ini menjadi salah satu destinasi wisata yang pantas dikunjungi karena keindahannya. Jangan lupakan adanya stalagmit dan stalagtit yang eksotis di goa ini. Apalagi, bebatuan goa memiliki warna sedikit keemasan, dengan beberapa bagian ditumbuhi oleh lumut. Semakin indah saja wisata ini. Disebut Goa Tetes, karena ada air terjun yang mengaliri air dari atas Goa, hingga membasahi seluruh bebatuan dan lumut. Jangan ditanyakan, airnya benar-benar segar alias adem banget.

Untuk sampai kesana, dari portal parkir, cukup berjalan kaki melewati tangga. Aksesnya sangat mudah. Ada juga beberapa gubuk yang dipersiapkan untuk sekedar dibuat duduk oleh wisatawan yang berkunjung. Siapkan baju ganti, mari meluncur ke wisata ini.

  1. Air terjun Tumpak Sewu
Air Terjun Tumpak Sewu. (Foto: Instagram #Nature)

Masih diwilayah yang sama, air terjun ini terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, tepat di perbatasan dengan Kabupaten Malang. Coban Sewu ini mempunyai ketinggian sekira 120 meter, dan juga bisa disebut air terjun terindah di Pulai Jawa. Disebut tumpak sewu dalam Bahasa jawa, karena air terjun ini memiliki 1.000 aliran air yang mengelilingi tebing. Air tersebut berasal dari rembesan yang ada di tebing, lalu mengalir hingga ke Sungai Gledek.

Nah, jika kamu suka berpetualang, boleh saja untuk mencoba trekking wilayah ini. Karena jalur untuk turun cukup sulit dan butuh waktu. Tapi tenang, trek di air terjun ini sudah dilengkapi dengan pengaman seperti bambu sebagai pegangan.

Namun kalau kamu tidak ingin turun, cukup menikmati air terjun dari ketinggian. Biasanya, wisatawan banyak berfoto di spot ini, karena tempatnya dengan jelas menunjukkan betapa indahnya ciptaan Tuhan. Sudah siap travelling?

  1. Wisata Kebun Teh Gucialit
Kebun Teh Gucialit. Sumber : Yoiki Lumajang

Jika berkunjung ke Lumajang, jangan pernah lewatkan menikmati hijaunya alam di kebun teh ini. Hamparan tanaman teh, membuat mata lebih segar. Apalagi beberapa spot di kebun dengan luas sekitar 900 hektar ini juga sudah lebih terawat.

Jalurnya pun bisa dilewati oleh mobil. Meski harus tetap berhati-hati, karena bukan jalan beraspal. Kalau ingin lebih seru, wisatawan bisa mencoba berkeliling kebun teh dengan mengendari motor trail. Selain itu, ada juga Bukit Inspirasi dan camping ground di Puncak 74. Pengunjung dimanjakan dengan pemandakan matahari terbit dengan latar pegunungan jika berada di tempat camping ini.

Selain pemandangan perkebunan, ada juga air terjun coban pawon di Desa ini. Disebut coban pawon karena air mengalir di sebuah Goa yang mirip seperti tungku, dapur, (pawon).

Oh iya, jangan lupakan jaket, dan hindari berkendara dengan mengenakan matic jika ingin ke tempat ini. Karena jalur cukup menanjak. Sudah tertarik berkunjung ke Lumajang?

  1. Pantai Wotgalih
Pantai Wotgalih di Kecamatan Yosowilangun. (Foto: Instagram Dani)

Setelah ke beberapa tempat dingin, waktunya menjelajahi pantai. Kali ini ada Pantai Wotgalih yang masuk ke dalam list liburan ke Lumajang. Pantai dengan ombak yang cukup tinggi ini terletak di Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang.

Ombak yang tinggi ini biasanya dimanfaatkan oleh wisatawan untuk bermain surfing atau selancar air. Namun jika kamu tidak bisa, cukup menikmati indahnya laut kebiruan dari bibir pantai. Pasir di pantai ini beda dengan kebanyakan, karena merupakai pasir hitam. Tapi jangan salah, pasir ini merupakan pasir yang sangat baik dan mengandung mineral tambang yang cukup tinggi. Sudah siap menikmati Vitamin Sea?

  1. 3 Ranu di Semeru
Pendaki Gunung Semeru saat di Ranu Kumbolo.