Anggap Anas sebagai Suhu, Gus Irsyad “Ngangsu Kaweruh” ke Banyuwangi

568
Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi bersalaman dengan Irsyad Yusuf, Bupati Pasuruan. Keduanya bersepakat untuk bertukar ilmu soal pengembangan daerah.

Banyuwangi (wartabromo.com) – Banyuwangi dinilai sebagai daerah dengan kemajuan signifikan. Itulah kemudian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan membuka diri “Ngangsu Kaweruh” ke Pemkab Banyuwangi.

Ajang berguru itu diaplikasikan melalui MoU (Memorandum of Understanding) yang digelar di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Banyuwangi, Senin (28/01/2019) malam.

MoU merupakan bagian dari kerja sama penerapan sejumlah program inovasi yang telah dikembangkan Banyuwangi, selanjutnya dapat diterapkan di Kabupaten Pasuruan.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengungkapkan, salah satunya yang bakal diterapkan berkenaan pengelolaan keuangan daerah berbasis TIK (e-planning & e-budgeting).

“Kita ketahui bersama bahwa Pemkab Banyuwangi sudah sangat bagus dalam pengembangan daerah, khususnya pengelolaan keuangan daerah berbasis TIK (e-planning dan e-budgeting),” kata Irsyad.

Bupati yang akrab dipanggil Gus Irsyad itu menegaskan, melalui e-planning dan e-budgeting, dapat mempermudah proses penyusunan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Pasalnya, proses penyusunan anggaran dapat lebih cepat dan dapat diakses dengan mudah, lantaran sudah tersistem dalam bentuk online.

“Maka dari itu, kami ingin berguru langsung, sehingga harapannya bisa dipraktikkan ke seluruh staf di Pemkab Pasuruan,” kata Gus Irsyad.

Dilanjutkan, ia ingin mendapat ilmu dari ide-ide tentang pengelolaan pariwisata dan pengelolaan keuangan daerah. Utamanya, keakuratan penghitungan, sehingga meningkatkan kualitas APBD yang anggarannya disusun OPD sesuai dengan alokasi belanja.

“Dan Pemkab Banyuwangi sangat bagus dalam hal itu,” imbuhnya.

Gus Irsyad kemudian berseloroh, jika Bupati Banyuwangi Azwar Anas adalah suhu seluruh Bupati di Indonesia. Pasalnya, pencapaian tidak hanya pada sektor pariwisata, namun juga pada basis sistem pemerintahan yang berjalan dengan memanfaatkan teknologi informasi.

“Saya mengharapkan dukungan pemikiran dari masing-masing pihak untuk bersama-sama merumuskan bentuk dan sektor pembangunan lainnya, yang memungkinkan untuk dilakukan kerjasama antar daerah,” kata Irsyad mengakhiri.

MoU ditandangani langsung oleh Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dengan Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf. Selain itu Bupati Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Evangelian Sasingen; serta Bupati Manokwari, Papua Barat, Demas Paulus Mandacan, turut dalam penandatanganan MoU. (mil/ono)