Pemukiman Warga di 4 Kecamatan Wilayah Kabupaten Pasuruan Terendam Banjir

1716

Pasuruan (wartabromo.com) – Hujan deras sejak sore hingga malam pada Rabu (30/1/2019) kemarin, membanjiri sejumlah kawasan di wilayah Kabupaten Pasuruan. Sampai Kamis (31/1/2019) pagi ini, pemukiman sejumlah desa di empat kecamatan wilayah Kabupaten Pasuruan, terendam banjir.

Dari data pantau BPBD Kabupaten Pasuruan, hujan deras yang terjadi seharian kemarin, mengguyur wilayah selatan Pasuruan, mulai Lawang, Malang; Kecamatan Purwodadi; Tosari; Tutur; Lumbang; dan Puspo.

Dari laporan yang diterima Bakti Jati Permana, Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, pagi ini tercatat banjir merendam pemukiman sejumlah desa, dengan ketinggian air pada kisaran setengah meter.

Sejumlah bocah bermain di tengah genangan banjir di Lingkungan Karangasem, Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Kamis (31/1/2019).

Air menggenang, lebih banyak berada di jalan utama desa, meliputi Desa Sukorejo, Kecamatan Pohjentrek (10-50 cm); Desa Tambakrejo, Kecamatan Kraton (10-60 cm); Desa Kedawung Kulon, Kecamatan Grati (10-30 cm); serta Desa Prodo, Bandaran Kecamatan Winongan (rata-rata 20 cm).

Baca Juga :   Truk Gabah Terguling di Sumurwaru, Jalur Menuju Banyuwangi Tertutup

“Untuk tinggi sungai Welang dan Rejoso sudah standar, dan saat ini sdh proses surut laut. Semoga siang ini bisa signifikan surutnya,” kata Bakti.

Sejumlah penanganan kebencanaan dipastikan sudah diupayakan. Bahkan disebutnya, BPBD bersama Muspika, Pemdes, relawan, terus standby melakukan monitoring di sejumlah titik.

“Siap apabila sewaktu-waktu ada masyarakat yang membutuhkan,” pungkas Bakti.

Sementara di wilayah Kota Pasuruan, banjir juga terpantau berada di wilayah Lingkungan Karangasem, Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo.

Banjir di wilayah Kota ini, merendam pemukiman dengan ketinggian berkisar 60 sentimeter. Kesibukan warga pagi ini juga masih terlihat, meski mengaku merasa terganggu dengan banjir yang rutin terjadi di musim penghujan ini. (ono/ono)