Sempat “Down”, Aplikasi WhatsApp Mulai Pulih

0
515

Pasuruan (wartabromo.com) – Whatsapp sempat “down” selama beberapa jam. Mulai pulih, pengguna sudah bisa mengirimkan gambar pada fitur perpesanan tersebut.

WartaBromo telah mencoba mengirimkan pesan gambar untuk memastikan hal ini. Pesan gambar yang mulanya hanya bertanda jamkot, sekarang sudah terkirim.

Bukan hanya itu, fitur update status berbentuk gambar juga sudah mulai bisa digunakan. Pun, pengguna yang mulanya hanya bisa memanfaatkan fitur status teks, sekarang dapat mengupload gambar.

Sama dengan Whatsapp, Facebook dan Instagram mengalami gangguan sejak dini hari tadi. Beberapa waktu terakhir juga mulai pulih. Hal ini sepertinya setelah aplikasi media sosial tersebut mendapatkan perbaikan selama beberapa jam.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah dalam mengakses kumpulan aplikasi Facebook (Whatsapp dan Instagram,red). Kami sedang berupaya menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin,” tulis Facebook dalam akun Twitternya beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Aplikasi WhatsApp “Down”, Sejumlah Pengguna Tak Bisa Kirim Pesan Gambar

Meski begitu, belum ada pemberitahuan penyebab bermasalahnya ketiga aplikasi ini. Padahal hampir semua negara di dunia merasakan dampak dari ketiganya.

“Kami fokus pada upaya untuk menyelesaikan masalah sesegera mungkin, tetapi dapat mengonfirmasi bahwa masalah tersebut tidak terkait dengan serangan DDoS,” lanjutnya.

Sekedar informasi, serangan DDos (Distributed Denial of Service) adalah sebuah serangan yang membuat server atau computer tidak berjalan dengan baik. Ini karena ada ribuan ‘spam’ yang menyerang secara bersamaan. Serangan ini biasanya dilakukan dengan sebuah maksud tertentu.

Meski sudah berangsur pulih, tagar FacebookDown, InstagramDown, hingga Whatsapp Down masih menjadi trending topic Twitter. Lebih dari 1 juta pengguna yang menuliskan twit tentang gangguan ini. (may/ono)