Longsor di Piket Nol, Pengendara Dihimbau Ambil Jalur Lain

0
391
Material longsor tutup jalan Lumajang - Malang. (Foto : Humas Polres Lumajang untuk wartabromo.)

Lumajang (Wartabromo.com) – Longsor di piket nol KM 57 di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang menyebabkan akses Lumajang – Malang tertutup total. Pengendara pun dihimbau untuk tidak melewati jalur tersebut.

Kasat Lantas Polres Lumajang, AKP I Gede Putu Atma Giri mengatakan, saat ini salah satu jalur menuju Malang ini belum bisa diakses. Hal tersebut karena ketinggian material longsoran mencapai 8 meter.

“Saya menghimbau agar pengendara untuk memilih jalur Ranu Pani, atau menggunakan sisi utara lewat Probolinggo jika memang akan keluar wilayah Kabupaten Lumajang,” ungkap Giri, Kamis (21/3/2019).

Beberapa pengendara yang sudah terlanjur melewati jalur ini pun terpaksa memutar arah, atau menunggu sampai pembersihan rampung. Hal tersebut karena jalur sudah tidak bisa dilewati oleh kendaraan baik roda 2 maupun roda 4.

Sementara itu AKBP Arsal Sahban, Kapolres Lumajang mengaku pihaknya yang tergabung dalam Satgas Siaga Bencana juga masih berupaya melakukan pembersihan material longsoran. 2 alat berat sekaligus membantu proses penanganan longsor ini.

“Semua elemen sudah bahu membahu bekerja. Karena material yang sangat banyak, butuh waktu 1 hari penuh untuk menyingkirkan material longsor,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, hujan deras selama 3 hari berturut-turut menyebabkan tebing di jalur piket nol KM 57, Kecamatan Candipuro, Lumajang longsor sekira pukul 01.30 WIB dini hari. Material longsoran berupa batu dan tanah ini pun membuat petugas kuwalahan dalam proses pembersihan. (may/ono)