Abu Bromo mulai Hujani Tosari

483
Tanaman di sekitar kantor Camat Tosari tertutup abu vulkanik Bromo, Kamis (28/3/2019). (Foto: Abdul Ghoni, Camat Tosari)

Tosari (wartabromo.com) – Dampak erupsi Gunung Bromo merambah wilayah Kabupaten Pasuruan. Warga pun mulai resah terpapar abu vulkanik Bromo.

Dari sejumlah informasi, sebaran abu vulkanik sudah dirasakan sejak dua hari terakhir. Sejumlah warga mengakui, bahwa terjangan abu akibat Gunung Bromo erupsi ini, sudah mulai mengganggu aktivitas.

Mohon maaf kalau ada masker. Di Desa Wonokitri membutuhkan. Abu agak tebal,” ujar seorang warga saat berkirim info ke WartaBromo, Kamis (28/3/2019).

Camat Tosari, Abdul Ghoni mengakui bila saat ini abu sudah mulai menyebar di wilayah Tosari. Menurut catatannya, abu cukup parah berada di Desa Wonokitri dan Desa Tosari.

Abdul Ghoni, Camat Tosari menunjukkan debu di kantornya, Kamis (28/3/2019). (Foto: Abdul Ghoni, Camat Tosari)

Dituturkan sebelumnya, abu sudah mulai mengurangi jarak pandang pengendara. Berbagai bangunan, lebih-lebih tanaman sayur mayur warga saat ini terlihat tertutup abu dengan ketebalan cukup.

“Ketebalan kira-kira 1 milimeter,” ujar Ghoni.

Menghindari dampak lebih luas, pihak kecamatan kemudian menyegerakan bantuan masker untuk warga terdampak.

“Ini kami mau bagi-bagi masker untuk warga,” kata Ghoni.

Sampai saat ini proses asesmen masih dilakukan, untuk mengetahui kemungkinan adanya kerugian atau warga yang terganggu kesehatannya, akibat abu Bromo. (ono/ono)