6 Parpol Klaim Penambahan Kursi Dewan

9353
Gambar Partai Politik peserta Pemilu 2019.

Probolinggo (wartabromo.com) – Enam partai politik (Parpol) peserta Pemilu di Kabupaten Probolinggo mengklaim penambahan kursi di DPRD setempat. Klaim penambahan suara itu berdasarkan perhitungan internal masing-masing partai.

Misalnya Nasdem yang pada pada Pemilu 2014 mendapat 14 kursi, kini mengklaim 17 kursi. Artinya partai besutan Surya Paloh ini, menambah 3 kursi di parlemen Kabupaten Probolinggo.

Dari 7 daerah pemilihan (dapil) yang ada di Kabupaten Probolinggo, tambahan 3 kursi didapat dari 3 dapil. Yakni dapil I (Dringu, Gending, Pajarakan, Krejengan), dapil IV (Tiris, Krucil, Maron), serta dapil VI (Sukapura, Sumber, Kuripan, Bantaran, Wonomerto).

“Bertambah masing-masing 1 kursi dari perolehan sebelumnya. Saya yakin data ini sudah valid dan tidak akan berbeda dengan pengumuman resmi dari KPU nanti di akhir Mei mendatang. Sebab cara menghitung yang dilakukan oleh NasDem, sama dengan yang diterapkan oleh KPU,” ketua DPD Nasdem Kabupaten Probolinggo, Ahmad Rifa’i, Selasa (23/4/2019).

Selain Nasdem ada PKB, yang berdasarkan penghitungan internal mengklaim mendapat 9 kursi. Artinya bertambah 1 kursi dibanding pemilu sebelumnya. Meski target partai ini adalah 12 kursi.

“Itu data sementara, target kami adalah 12 kursi. Itu, bukan hayalan. Kami ada hitung-hitungannya,” Wakil Ketua LPP DPC PKB setempat Mustofa.

Sementara 4 partai lainnya adalah PPP, PDIP, Golkar dan Gerindra kompak mengklaim 7 kursi.

“Saya yakin kami bisa memperoleh 7 sampai 8 kursi di DPRD Kabupaten Probolinggo. Kalau sebelumnya cuma 5 kursi,” kata Ketua DPD Gerindra Kabupaten Probolinggo Jon Junaidi.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh PDIP setempat. “Hitung internal kami, minimal 6 kursi bahkan bisa 7 kursi. Namun, kami masih menunggu hasil pleno KPU secara resmi,” ujar Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Probolinggo, Didik Irfan.

Beralih ke Golkar, Oka Mahendra, ketua DPD Golkar Kabupaten Probolinggo, juga yakin partai memperoleh 7 kursi.

“Kepastiannya tunggu rekapitulasi suara di PPK sampai KPU, mas,” ungkapnya.

Ketua DPC PPP Salim Qurays mengatakan, saat ini rekapituasi yang dilakukan oleh internal partainya masih belum final. Meski demikian, sudah dapat dilihat nantinya pihaknya akan mendapatkan sekitar 7 kursi di dewan.

“Ini masih sementara. Rekapitulasi internal masih terus kami lakukan,” ujarnya.

Untuk periode 2019-2023 kursi DPRD Kabupaten Probolinggo akan diisi oleh 50 kursi. Dengan klaim 6 parpol itu, maka ada 54 kursi. Artinya data internal keenam parpol itu, dipastikan tidak valid. Sehingga masyarakat dihimbau untuk menunggu hasil pleno KPU Kabupaten Probolinggo secara resmi. (saw/saw)