Semburan Lumpur Hebohkan Warga Net, Ini Kata BNPB

9794
Video semburan lumpur.

Grobogan (wartabromo.com) – Sebuah video semburan air di pinggir rel Kereta Api DAOP 4, Doplang, Kabupaten Grobogan menghebohkan dunia maya. Sempat disebut semburan lumpur, namun ternyata aktivitas hydrotest PT Pertamina Gas.

Dalam video berdurasi sekitar 1 menit 46 detik ini, terlihat semburan air bercampur lumpur membanjiri rel kereta api. Air ini cukup deras, sehingga beberapa orang yang berada di sekitar lakasi diminta untuk minggir.

Video ini pun sempat menghebohkan warga net hingga diklarifikasi oleh Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Ini bukan fenomena semburan lumpur seperti lumpur Sidoarjo. Tapi aktivitas hydrotest untuk mengecek kekuatan pipa gas sebelum dialiri gas di Doplang Blora,” ujar @SutopoPN dalam akun Twitternya, Selasa (23/4/2019).

Masih menurut Sutopo, pengecekan ini sebagai langkah awal untuk membangun jalur pipa gas yang akan segera direalisasikan.

“Pengecekan dilakukan PT Pertamina Gas bagian dari pembangunan jalur pipa gas Gresik-Semarang. Masyarakat dihimbau tenang,” lanjutnya.

Meski sempat kaget, namun warganet akhirnya bisa bernapas lega dengan klarifikasi ini. Hal tersebut karena beberapa hoax tersebar dengan cepat di dunia maya terkait adanya video semburan lumpur itu.

“Terima kasih atas infonya. Soalnya kemarin viral itu kejadian alam,” ujar akun @budigun. (may/ono)