Ini Syarat Sah dan Wajib Puasa

6226

Pasuruan (wartabromo.com) – Ibadah puasa adalah kewajiban yang harus dijalankan muslim di seluruh dunia. Umat muslim juga harus mengetahui mengenai syarat wajib berpuasa.

Ustaz Khudlori Nachrowi, Wakil Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kabupaten Pasuruan dalam kultumnya memaparkan, syarat-syarat tersebut merupakan kunci utama agar ibadah puasa yang dijalankan dapat menjadi berkah.

Ia menukil, Baginda Nabi Muhammad SAW dalam khutbahnya menyampaikan, bulan Ramadan adalah bulan penuh kebaikan.
Allah SWT mewajibkan umat Islam yang beriman untuk menjalankan puasa di siang hari dan menjadikan Qiyamul Lail, yang apabila beribadah di malam hari sebagai ibadah Sunnah yang pahalanya akan dilipatgandakan.

“Ibadah Salat bahkan berdiri dihitung pahala berlipat ganda,” papar Ust. Khudlori Nachrowi.

Baca Juga :   Rekomendasi Takjil Buka Puasa yang Mudah Dibuat

Dalam kitab-kitab Fiqih dijelaskan, ada syarat wajib puasa, yang merupakan kunci utama dalam menjalankan ibadah puasa.
Syarat wajib puasa yang pertama, yakni Islam. Siapapun yang menyatakan dirinya Islam maka wajib berpuasa ramadan. Sebaliknya, bagi yang tidak Islam meskipun sudah terbiasa melakukan ibadah puasa, tidak ada kewajiban baginya menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Kedua, Taklif atau Mukallaf yakni orang yang telah dewasa dan berakal sehat wajib berpuasa. Anak kecil yang belum baligh tidak diwajibkan berpuasa.
Ust. Khudlori Nachrowi melanjutkan, Meskipun tidak diwajibkan berpuasa, Islam mengajarkan pembelajaran beribadah kepada anak-anak.

“Jadi orang tua disarankan untuk mengajarkan dan melatih anak-anaknya untuk ikut berpuasa,” imbuhnya.
Secara bertahap, anak-anak bisa latihan berpuasa. Begitu usianya telah dewasa dan baligh, anak tersebut telah siap berpuasa. (ptr/ono)