Saat Nabi Muhammad Aminkan Doa Malaikat Jibril

7318

Pasuruan (wartabromo.com) – Nabi Muhammad S.A.W sebagai panutan umat Islam menyimpan banyak cerita yang bisa diambil hikmahnya. Salah satunya ketika akan berkhutbah di hadapan jemaah, Nabi melakukan tindakan yang tidak biasa.

Peristiwa itu diawali ketika Rasulullah menaiki anak tangga mimbar. Di setiap anak tangga yang berjumlah tiga itu, Nabi Muhammad selalu mengucapkan kata “Aamiin”.

Hal itu membuat jemaah penasaran. Selepas khutbah, Nabi pun ditanya alasan mengapa selalu mengucap Aamiin saat naiki tiap tangga mimbar.

Nabi Muhammad S.A.W pun menjelaskan, bahwasannya Malaikat Jibril tengah mendatanginya dan memberikan tiga doa yang harus diamini.

Pada tangga pertama, Malaikat Jibril mengatakan, “Celakalah bagi siapapun yang memasuki bulan Ramadan, tetapi ia tidak mendapatkan ampunan Allah. Kalaupun mati, dia dijauhkan dari rahmat Allah”.

Ketika menaiki tangga kedua, Malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu itu, berkata kembali kepada Rasulullah. “Celakalah bagi siapapun yang menututi (masih menjumpai, red) kedua orang tuanya tetapi tidak berbakti kepada orang tuanya.  Tidak menghantarkannya mendapatkan rida Allah sehingga masuk surga. Kalau toh mati, mudah-mudahan dijauhkan dari rahmat Allah”.

Terakhir, Tangga Ketiga. “Celakalah Bagi siapapun yang namamu disebut disisinya ia tetap tidak membaca sholawat untukmu wahai baginda nabi. Jika mati, akan dijauhkan dari Rahmat Allah”.

Berkaitan dengan itu, Ustadz HM  Mujib dari Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama PCNU Kabupaten Pasuruan berpesan, ada tiga hal yang mesti diperhatikan ketika memasuki bulan Ramadan. Yakni, bagaimana kita menggapai Ampunan Allah, dengan mengoptimalkan kesempatan di bulan yang agung ini.

Baca Juga :   Lupa Baca Niat, Apakah Puasa Kita Sah?

“Yang kedua, masih ada atau sudah mendahului kita, bakti kita kepada orang tua, harusnya tiada pernah berhenti,” ujar Ustadz Mujib.

Terakhir, ia mengingatkan untuk tak jemu membaca selawat sebagai wujud rasa cinta kepada Nabi. Karena Syafaat selawat dinilainya sangat luar biasa.

Nah Bolo, Semoga secuil ilmu ini dapat membimbing kita kepada kebaikan dan keridaan Allah.

*) Program Kultum Ngaji Bareng selama Ramadhan merupakan hasil kerjasama wartabromo dengan Pokja Ramadhan  PCNU Kabupaten Pasuruan /PC. LDNU Kabupaten Pasuruan. Saksikan video lengkapnya di channel wartabromotv 

(bel/ono)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.