Rombak Pembantu, Bupati Probolinggo Promosikan 5 Pejabat

6508

Probolinggo (wartabromo.com) – Bupati Probolinggo P. Tantriana Sar merombak jajaran pembantunya dalam memerintah di Kabupaten Probolinggo. Pada pengambilan sumpah di Pantai Bohay Desa Binor, Kecamatan Paiton, ia mempromosikan 5 pejabat Eselon III ke Eselon II.

Pejabat itu yakni Yulius Christian, yang merupakan Camat Sukapura dipromosikan menjadi Kepala Diskominfo. Ada Sugeng Wiyanto, Camat Tongas, menjadi Kepala Disporaparbud. Serta Hudan Syarifuddin yang sebelumnya menjabat Kabag Umum, dinaikkan menjadi Kepala Disnakertran. Kemudian Ugas Irwanto, yang menjabat Camat Sumberasih dipromosikan menjadi Kepala Bakesbangpol. Ada dr. Mansyur naik dari Sekretaris menjadi Direktur RSUD Waluyo Jati Kraksaan.

Nama-nama ini sebelumnya merupakan pejabat eselon III yang lolos seleksi.
Selain mempromosikan eselon III, Tantri juga menggeser beberapa pejabat Eselon II, di antaranya Asisten III Anung Widiarto digeser menjadi Kepala Diskop UM. Lalu Doddy Baskoro, yang menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) menggantikan Abdul Halim sebagai kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Sementara Abdul Halim digeser menggantikan posisi Anung sebagai Asisten III.

Dengan demikian, posisi Kepala PMD kosong dan diisi oleh pelaksana tugas (Plt). Selain melantik Eselon II, Tantri juga melantik eselon III dan IV serta pejabat fungsional. “Harus segera menyesuaikan dengan tempat yang baru dan semangat yang baru. Harus memahami tupoksi di tempat yang baru,” kata Tantri.

Bupati perempuan ini juga meminta para pejabatnya untuk terus berinovasi. Harapannya, agar indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Probolinggo yang rendah naik ke level yang lebih tinggi. Sebab permasalahan di tempat yang baru, menurutnya sudah bisa diinventarisir.

“Diharapkan melakukan inovasi-inovasi, yang akan meringankan beban kerja di unit masing-masing. Formasi yang baru ini, bisa lebih efektif dan responsif,” tandas Bupati 2 periode ini. (saw/saw)