Amankah Minum Kopi Saat Puasa? Simak Tipsnya Yuk

1026

Pasuruan (wartabromo.com) – Minum kopi adalah rutinitas yang biasa dilakukan sebagian masyarakat Indonesia, tak terkecuali saat puasa. Tapi, sehat kah?

Sebenarnya, minum kopi saat bulan puasa aman-aman saja. Hanya saja para penggemar kopi harus pintar-pintar menyiasati jadwal minum kopinya. Tidak mau kan, setelah minum kopi di bulan puasa malah timbul masalah kesehatan?

Begini caranya agar seseorang bisa tetap menikmati minum kopi saat bulan puasa.

  1. Perhatikan Waktu Minum Kopi
    Anda harus memastikan dulu jika perut telah terisi sebelum meminum kopi. Minum kopi saat bulan puasa, lebih baik dilakukan satu atau dua jam setelah berbuka puasa. Hal ini agar perut tidak mengalami iritas.
    Hindari minum kopi saat sahur karena bisa menyebabkan dehidrasi.. Hal ini karena kopi punya sifat diuretik yang membuat produksi urine lebih banyak.
  2. Kurangi Asupan Kopi
    Saat bulan puasa tiba, asupan kopi sebaiknya dikurangi. Gantilah cangkir kopi Anda dengan ukuran yang lebih kecil sehingga volume kopi yang diminum menurun. Terlalu banyak asupan kopi yang dikonsumsi saat puasa, dapat menjadikan tubuh mengalami dehidrasi.
  3. Pilih Jenis Kopinya
    Pilih jenis kopi yang memiliki jumlah kafein yang sangat rendah. Hal ini bisa menyeimbangkan kondisi tubuh Anda saat berpuasa. Lebih aman lagi, jika Anda mengonsumsi kopi yang tanpa kafein atau sering disebut kopi decaf.
  4. Imbangi dengan Banyak Minum Air Putih
    Sebelum maupun sesudah minum kopi, sebaiknya Anda minum air putih. Hal ini untuk menetralkan efek kafein di dalam tubuh dan menahan efek dehidrasi yang dihadirkan oleh kopi.

Semoga tips ini bisa membantu Anda tetap merasa nyaman saat minum kopi di kala bulan puasa, ya Bolo.. (ptr/ono)