Kiat Jitu Mengelola Keuangan Pasca Lebaran, Simak Tipsnya!

1819

Pasuruan (wartabromo.com) – Momentum keceriaan lebaran sebentar lagi telah usai. Terkadang kondisi keuangan pasca lebaran menjadi kurang stabil jika tak dapat mengelolanya dengan baik.

Seperti dikutip dari Cermati.com, kesalahan mengelola keuangan saat lebaran memang berakibat pada tidak stabilnya kondisi keuangan pasca Lebaran. Sehingga Anda harus menelaah kembali pengeluaran secara satu per satu.

Apapun yang terjadi, semua sudah berlalu. Ikuti kiat jitu mengelola keuangan pasca Lebaran berikut agar kondisi keuangan segera membaik.

1. Cek Jumlah Uang yang Tersisa Pasca Libur Lebaran

Cek kondisi finansial Anda. Hitung jumlah uang yang masih tersisa di dalam dompet, lalu ingat ke mana saja uang tersebut digunakan. Setelah itu, buat anggaran keuangan pasca Lebaran yang baru sebagai pedoman saat berbelanja.

2. Batasi Jumlah Pengeluaran Harian

Selanjutnya minimalisir jumlah uang yang akan dikeluarkan untuk kebutuhan harian. Batasi pengeluaran untuk hal yang kurang penting seperti mampir ke mall atau restoran.

3. Kurangi Kebiasaan Makan di Luar

Makan di luar sebaiknya dibatasi mengingat kondisi finansial yang masih memburuk pasca Lebaran.

Saat sudah masuk kerja, bawalah bekal makanan dari rumah agar Anda tidak perlu membeli makanan di luar. Uang makan siang bisa dialihkan untuk membeli bahan makanan keesokan hari, sehingga kondisi keuangan dapat segera membaik.

4. Pastikan Dana Darurat Tetap Aman

Dana darurat untuk kebutuhan yang tak terduga sebaiknya jangan diutak-atik. Seburuk apapun kondisi finansial pasca Lebaran, tetap jangan sentuh dana darurat ini.

Jika dana darurat sudah sempat dipakai untuk menyambung hidup, kembalikan dana darurat secepatnya sesuai dengan jumlah yang dihabiskan.

5. Mulai Menabung dari Nol

Masa bersenang-senang merayakan libur lebaran sudah usai. Kini saatnya Anda menabung lagi untuk memulihkan kondisi keuangan.

Menstabilkan keadaan finansial pasca lebaran sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan asalkan Anda lebih cermat saat berbelanja dan tentunya disiplin dalam mengelola keuangan.

Tunda dahulu keinginan untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, sehingga kondisi keuangan pasca lebaran dapat kembali pulih.

Semoga tips ini bermanfaat dan bijaklah mengelola keuangan, Bolo.. (ptr/ono)