Ikut “Tumpengan” Bersama Jerapah Yuk!

375

Prigen (wartabromo.com) – Biasanya tradisi tumpengan dinikmati oleh manusia, lain halnya dengan saat ini. Jerapah, kini bisa menikmati tumpeng, di hari jadinya.

Momen makan-makan ini digelar Taman Safari Indonesia (TSI) Prigen, Kabupaten Pasuruan, khusus untuk Jerapah. Jika saja hewan berleher panjang ini bisa berbicara, mungkin ucapan bahagialah yang terlontar.

Bagaimana tidak, TSI Prigen memberikan tumpeng yang tersusun sayur dan buah. Jerapah-jerapah ini pun lahap menyantap seluruh isi tumpeng.

“Untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap jerapah. Saat ini jerapah berkurang. Kami berkomitmen untuk membudi dayakan lagi Jerapah ini,” ujarnya.

Dari data lembaga konservasi ini, setiap tahunnya, koleksi hewan pemamah biak ini telah melahirkan bayi-bayi yang sehat. Setidaknya sudah empat kali jerapah indukan di TSI ini melahirkan.

Sementara itu, salah seorang pengunjung asal Bandung mengaku cukup terhibur ada perayaan tumpeng-an untuk jerapah ini. Apalagi TSI juga mengizinkan pengunjung memberikan makanan dan berfoto di depan taman Jerapah. Meski dalam pengawasan keeper.

“Asik banget Hari Jerapah. Bisa ngasih makan jerapah, bisa foto-foto. Enak lah, pengalaman. Kita harus jaga kelestarian lingkungan biar jerapah-jerapah tidak punah cepat,” ujar Cavas, pengunjung cilik asal Bandung.

Sekadar diketahui, peringatan Hari Jerapah ini dirayakan setiap tanggal 21 Juni. Ini untuk mengingat selalu populasi hewan dengan leher panjang itu. Apalagi selama 30 tahun terakhir, populasi jerapah turun drastis, dari 90 ribu ekor, menjadi 9 ribu ekor saja. (may/ono)