Lumajang Krisis SDM, 7 OPD Kosong Pejabat

547
Apel pegawai Pemkab Lumajang. (Foto : Kominfo Lmj)

Lumajang (Wartabromo.com) – Sebanyak 7 Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Lumajang masih kosong. Kabupaten Lumajang pun disebut-sebut mengalami krisis Sumber Daya Manusia (SDM).

Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono mengungkapkan, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang mengalami krisis Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini berimbas pada kosongnya jabatan struktural, baik pada Eselon II, III, maupun IV.

Sementara itu, Indah Amperawati, Wakil Bupati Lumajang membenarkan jika masih ada beberapa kekosongan pejabat OPD Lumajang. Padahal beberapa waktu lalu sudah dibuka Seleksi Calon Pejabat Tinggi Pratama untuk mengisi Kepala OPD yang masih kosong tersebut. Namun, banyak pejabat yang tidak lolos.

“Gak sulit, cuma aturan daftar urutan kepangkatan itu yang menyebabkan Pak Bupati dan saya agak kesulitan, sehingga memotong mata rantai dari pegawai–pegawai yang golongannya tinggi tetapi tidak inovatif, membuat kami masih harus mencari kader yang terbaik,”ungkapnya dikutip dari lumajangkab.

Sekedar diketahui, 7 OPD yang pimpinannya masih kosong yakni Dinas Pendidikan, Bappeda, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang. Selain itu kekosongan juga pada Dinas Pehubungan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Rencananya, akan ada Seleksi Calon Pejabat Tinggi Pratama kembali untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut. (may/ono)