Geliat Pemuda Manaruwi Bangil Berlatih Membuat Web Desa

1082

Bangil (wartabromo.com) – Pemuda Desa Manaruwi, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, melatih diri membuat website desa. Kegiatan dilakukan sebagai satu cara memahami perkembangan Informasi dan Teknologi (IT), ditujukan untuk pengembangan potensi desa.

Kegiatan digagas bersama Relawan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Pasuruan tersebut, melibatkan 20 pemuda perwakilan Karang Taruna dan perwakilan RT. Pelatihan dilangsungkan di Balai Desa Manaruwi Kecamatan Bangil, Minggu (14/7/2019)

Kepala Desa Manaruwi, Suseno Ali dalam sambutannya mengakui, bila pelatihan IT ini baru kali pertama diadakan di Desa yang dipimpinnya. Pelatihan ini diyakini memberikan pengalaman baru kepada pemuda desa, sehingga lebih dapat melek IT. Tentunya, dengan memiliki kemampuan IT, terutama website, pemuda Manaruwi mendapatkan manfaat karena bakal lebih mudah mengangkat potensi desa.

“Sekarang ini kita harus melek IT. Kalau tidak maka akan ketinggalan zaman. Sehingga kita harus siap bahkan mengikuti perkembangan Informasi dan komunikasi. Dengan pelatihan ini diharapkan pemuda semangat dalam menimba pengetahuan sehingga harapan dari Pemerintahan Desa nantinya bisa mengangkat potensi desa melalui hasil dari pelatihan website ini.,” kata Ali.

Suseno Ali mengungkapkan, Desa Manaruwi termasuk salah satu desa percontohan untuk peningkatan kemampuan IT. Ia pun menyiratkan harapan besar, kepada pemuda Manaruwi fokus melatih diri, sehingga memahami tentang perkembangan dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Mereka para muda yang terbiasa aktif dengan akun media sosial masing-masing, nantinya bisa langsung mengintegrasikannya dengan website desa yang dibuat. Artinya, informasi yang sebelumnya hanya dari akun personal, bersama-sama segera merapatkan diri pada satu wadah, website desa.

Pelatihan yang juga disupport oleh wartabromo.com ini, menghadirkan Saiful Anwar, S.Kom, sebagai pemateri utama tentang website.

Pria yang karib dipanggil Cak Ipul tersebut, selain sedikit mengingatkan sisi negatif internet, pastinya memberikan gambaran informasi kegunaan maupun manfaat adanya website. Secara lebih teknis, Cak Ipul tentu saja mengajarkan pembuatan website sampai kemudiani bisa login.

Arini salah satu peserta pelatihan dari perwakilan Karang Taruna, mengungkapkan semangat dan suka cita, karena telah diberi kesempatan belajar dan melatih diri, mengenal cara-cara pembuatan website.

“Dengan pelatihan pembuatan website ini kita bisa paham apa manfaat dari website dan berharap setelah acara ini Desa Manaruwi dapat maju melalui TIK-nya,” tutur Arini usai pelatihan.

Sementara, Hari Susanto, Ketua Karang Taruna Desa Manaruwi memberikan apresiasi terhadap pihak desa, terlebih pemuda Manaruwi, yang telah curahkan semangat dalam pelatihan website kali ini.

“Terimakasih kepada teman-teman Relawan TIK Pasuruan yang sudah meluangkan waktunya, semoga pemuda desa Manaruwi bisa lebih aktif membangun desanya melalui website yang sudah didapat dalam pelatihan ini,” tutur Hari Susanto.

Selanjutnya, Hari berharap Pemerintah Desa Manaruwi dapat memberikan dukungan, setidaknya bimbingan kepada pemuda Desa Manaruwi.

“Supaya lebih aktif lagi untuk memajukan desa dan lebih dikenal oleh masyarakat luas,” imbuhnya. (bro/**)