Ini Hal yang Wajib Ditanyakan Orang Tua pada Guru Anak di Sekolah

2574
Foto : medium.com

Pasuruan (wartabromo.com) – Memasuki awal masa sekolah, tak sedikit orang tua berbondong-bondong mengantar dan menunggu hingga anak-anaknya pulang sekolah. Nah, sembari menunggu, para orang tua bisa memanfaatkan waktu untuk menggali informasi. Baik antar orang tua murid, ataupun dengan guru.

Dikutip dari kumparan.com, ada beberapa pertanyaan untuk mendapat informasi yang berguna bagi buah hati. Apa saja?

1. Adakah nomor telepon wali kelas atau sekolah yang bisa dihubungi?

Ini satu yang terpenting buat para orang tua. Tanyakan apakah ada nomor telepon khusus yang bisa dihubungi ketika jam sekolah masih berlangsung. Bukan maksud apapun, ini hanya untuk memantau kondisi anak.

2. Apa saja kegiatan ekstra kurikuler yang bisa anak ikuti?

Masing-masing anak, memiliki minat dan bakat berbeda. Nah informasi tentang ekstrakulikuler yang ada di sekolah dapat membantu orang tua menyesuaikan dengan potensi buah hati. Entah di bidang musik, kesenian, olahraga, bahasa dan lain sebagainya.

3. Adakah informasi mengenai program sekolah?

Bertanya program yang ditawarkan sekolah dalam jangka pendek dan panjang untuk keberhasilan belajar anak. Ini bisa ditanyakan kepada guru, wali murid atau kepala sekolah.

4. Adakah jadwal rutin pertemuan antara orang tua dengan wali kelas?

Pernyataan ini dibutuhkan, sebab, jika memang ada pertemuan rutin, orang tua bisa mengetahui keseharian anak di sekolah. Juga, dapat memberikan pendapat dalam suatu musyawarah.

5. Bagaimana sekolah menangani masalah kesiswaan?

Ini juga pertanyaan yang sepele namun penting ditanyakan kepada guru ataupun kepala sekolah. Info tentang penanganan siswa bermasalah patut diketahui para orang tua. Apakah akan diperingatkan, diskors atau dikeluarkan. Memang tak ada yang menginginkan buah hatinya bermasalah disekolah, tapi tak ada salahnya kan mengetahui informasi ini.

Nah, beberapa pertanyaan itu, dapat menjadi bahan perbincangan dengan pihak sekolah ataupun antar wali murid sembari menunggu buah hati pulang sekolah. Semoga bermanfaat. (bel/may)