Pura hingga Masjid Dilaporkan Rusak Akibat Gempa Bali

1735
Sejumlah bangunan rusak akibat Gempa Bali. Foto : BNPB.

Bali (wartabromo.com) – Gempa Magnitudo 6,0 terjadi pada Selasa (16/7/2019) pagi di Nusadua, Bali. Sejumlah bangunan di Bali hingga Banyuwangi dilaporkan mengalami kerusakan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan beberapa tempat yang mengalami kerusakan. Diantaranya Pura Lokanatha, Taman Kota Lumintang Denpasar. Gapura mengalami kerusakan, termasuk beberapa bangunan di dalam Pura. Bukan hanya itu, hotel dan sekolah di Bali juga dilaporkan mengalami kerusakan.

Sementara itu sejumlah tempat di Banyuwangi juga turut terdampak gempa.

“Dampak gempa menyebabkan bangunan samping rumah mbah daroji dusun silirbaru rt 7 rw 3 desa sumberagung kecamatan pesanggaran banyuwangi rusak. -Laporan tim EWS Karangasem-,” tulis BNPB dalam akun Twitternya.

Selain itu, atap masjid di Rajegwesi Banyuwangi juga hampir jatuh. Beberapa tembok masjid juga berhamburan rusak. Ditambah lagi sebuah rumah di Rajegwesi ikut rusak parah terkena gempa.

Baca juga : Beredar Video Ikan Loncat ke Daratan di Pantai Bali, Netizen: Tanda Gempa

“Hingga pukul 09.00 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan 7 kali aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan magnitude terbesar M=3.2 dan magnitude terkecil M=2.5,” lanjutnya.

Belum ada laporan korban jiwa terkait kejadian ini.

Diberitakan sebelumnya, Gempa yang berpusat di Bali mengguncang sejumlah wilayah di Tapal Kuda hingga Malang. Diantaranya Banyuwangi, Jember, Situbondo, Lumajang, Pasuruan dan Probolinggo. (may/ono)