Sering Keramas Malah Bikin Rusak Rambut Lho!

448

Pasuruan (Wartabromo.com) – Keramas menjadi salah satu rutinitas yang biasa dilakukan orang-orang. Bahkan ada yang melakukannya setiap hari dengan alasan menjaga kebersihan rambut.

Apakah anggapan itu benar?

Mengutip dari berbagai sumber, keramas yang dilakukan setiap hari, justru dapat merusak rambut lho. Pasalnya, materi baik yang ada pada kulit akan hilang jika sering keramas.

Ya, materi baik yang hilang itu, salah satunya adalah mikroba yang bertugas menjaga sistem kekebalan tubuh, hingga mencegah munculnya jerawat. Tak jarang, muka menjadi sering berjerawat akibat kehilangan mikroba baik.

Selain kehilangan mikroba baik, penggunaan shampo terlalu sering juga dapat mengganggu kesehatan rambut. Diantaranya, rambut rontok hingga ketombe. Ini lantaran kandungan bahan kimia yang ada pada shampo.

Tak sampai disitu, rambut yang sering dicuci, juga akan kehilangan minyak alaminya. Sebagaimana diketahui, minyak alami rambut ini memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan rambut, dan membuat rambut tetap bersinar.

Waduh, cukup banyak ya kerugian sering keramas.

Meskipun tidak ada batasan khusus mengenai berapa kali keramas, pastikan tidak melakukannya setiap hari. Keramas ketika rambut sudah berminyak atau berbau tak sedap, bisa menjadi pilihan waktu. Ini bertujuan untuk menghindari rambut rusak. (bel/may)