Merinding Seperti Diintai Orang dalam Masjid, Pria ini Kabur Gagal Curi Kotak Amal

2061
Tangkapan layar pria saat mencoba bobol kotak amal di Masjid Sebani

Pasuruan (WartaBromo.com) – Seorang pria bersarung melakukan pencurian kotak amal di Masjid Ar-Rohman, Bukir, Kota Pasuruan. Aksi tersebut gagal karena situsi di masjid sepertinya dirasa mulai tak aman.

Percobaan pencurian ini terekam dalam video, terjadi pada Kamis (22/08/2019) sekira pukul 03.38 WIB.

Dalam video berdurasi 3 menit 12 detik itu terlihat seorang pria dengan helm hitam mengendarai motor bebek berhenti di depan pintu kecil masjid bagian perempuan.

Tak lama, ia memarkir dan turun dari motor, kemudian masuk melalui pintu gerbang Masjid yang kebetulan terbuka.

Tingkah pria berjaket hijau army ini memang cukup mencurigakan. Setelah masuk ke bagian Masjid, ia menuju gerbang.

Toleh kanan, toleh kiri seperti mengawasi keadaan sekitar masjid yang kebetulan ramai lalu lalang kendaraan.

Seakan memastikan keadaan aman, pria bersarung itu menuju ke kotak amal berwarna hijau di halaman masjid.

Ia kemudian mencoba membuka paksa gembok kotak amal menggunakan alat seperti linggis atau semacam besi batangan.

Kelihatannya pelaku spesialis karena sudah membawa/mempersiapkan alat berupa besi untuk mencongkel gembok,” ujar Eko Prasetyo, pengunggah video.

Belum usai menyongkel gembok, si pria malah terlihat sedikit berlari ke depan. Gelagatnya seperti orang menghindari seseorang.

Pria bersarung ini kemudian menyopot helm, dan memperlihatkan tampilan yang mengenakan kopiah. Persis seperti jemaah yang akan ibadah ke masjid.

Selanjutnya pelaku menaiki motor, berpura-pura akan pergi sambil mengawasi sekitar. Namun kemudian, ia malah kembali turun untuk menyelesaikan aksinya.

Tapi beberapa detik kemudian, ia langsung berbalik dan menstarter motor, kabur. Pria ini seakan merasa mulai dicurigai takmir masjid.

Cak Eko –sapaan akrabnya- mengatakan, saat kejadian, hanya ada satu orang yang sedang berada di masjid. Kemungkinan besar, pria bersarung ini takut kepergok orang tersebut.

Belum ada penjelasan disampaikan pihak kepolisian terkait kasus ini. Yang jelas, peristiwa serupa tak hanya satu kali terjadi di Masjid Ar-Rohman.

Tidak hanya di Masjid Sebani, pencurian kotak amal juga kerap terjadi di beberapa tempat ibadah umat Muslim di Pasuruan. (may/ono)