Titik Panas Terdeteksi di Lumbang dan Puspo, Hutan di Lereng Bromo Dilaporkan Terbakar

1490

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kebakaran hutan dan lahan dikabarkan terjadi di lereng Gunung Bromo. Upaya pemadaman diyakinkan telah diupayakan.

Kebakaran itu di antaranya mengemuka setelah terdapat laporan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), yang menggambarkan titik panas di seputar Kecamatan Puspo dan Lumbang.

Di dua kecamatan wilayah Kabupaten Pasuruan itu, dicatatkan terdapat titik panas dengan kepercayaan tinggi (lebih 79%), setelah pantauan satelit Lapan menunjukkan warna merah.

“Kalau dari tingkat kepercayaan informasi memang berpotensi terjadi kebakaran,” ujar Dian Yudha Risdianto, Kepala Lapan Watukosek, Gempol, Selasa (10/9/2019).

Iapun menyebutkan, tingkat kepercayaan informasi tinggi terkait titik api berpotensi Kebakaran itu dimaksudkan untuk antisipasi, sehingga dapat dilakukan tindakan dari pihak yang memiliki kewenangan.

“Artinya muspika setempat diharapkan sudah tanggap,” tandas Dian Yudha.

Terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana mengungkapkan titik panas dan laporan kebakaran hutan tersebut berbatasan di dua wilayah Probolinggo dan Pasuruan.

“Faktualnya masuk Wonokitri (Pasuruan) dan Sukapura (Probolinggo),” kata Bakti.

Titik termasuk lereng Gunung Bromo tersebut dipastikan telah diasesmen.
Ditegaskannya, pihak TNBTS, BPBD, berikut relawan sudah melakukan upaya antisipasi, menangani kebakaran yang dilaporkan. (ono/ono)