Hipertensi, jadi Dugaan Sebab Bupati Pasuruan Ambruk di Bromo

3771

Probolinggo (wartabromo.com) – Secara medis, belum diketahui pasti apa yang dialami Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf hingga ambruk saat Apel Tagana di Bromo. Meski demikian, serangan darah tinggi diperkirakan jadi penyebab.

Hal itu didasarkan pada pemeriksaan awal tim medis, sebelum bupati dirujuk ke RS Syaiful Anwar Malang.

Dirut RSUD Tongas, Dr. Hariawan Dwi Tamtomo menjelaskan, bupati diduga mengalami perubahan kondisi drastis. Dari normal menjadi sakit atau tiba-tiba drop. “Keluhan awal adalah mual dan sakit kepala,” ujarnya, Sabtu (28/9/2019) siang.

Berdasar pemeriksaan fisik, diketahui ada kenaikan tensi darah. Saat diperiksa menunjukkan 150/120. Selanjutnya, bupati langsung dirujuk ke RS Syaiful Anwar Malang. Untuk mendapat perawatan medis.

Beberapa saat ketika pemeriksaan, sempat ada dugaan, bupati terkena serangan jantung.

Fisik drop dimaksud dikatakan ada beberapa penyebab dan faktor. Mulai dari faktor cuaca hingga fisik pasien yang kelelahan.

“Yang paling sering memang faktor cuaca itu. Baik cuaca dingin atau cuaca yang terlalu panas. Bisa juga dari fisik pasien yang kelelahan. Kita kan tidak tahu,” imbuh Hari.

Sejauh ini, belum diketahui secara pasti, apa yang menyebabkan ambruknya Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, saat Apel Tagana Nasional, di Lautan Pasir Gunung Bromo. Rombongan, diperkirakan masih dalam perjalanan menuju RS Syaiful Anwar Malang. (lai/ono)