Pemkot Probolinggo Bantu Pemulihan Psikis Warga Korban Rusuh Wamena

274

Probolinggo (wartabromo.com) – Delapan warga Kota Probolinggo, akhirnya pulang dengan selamat ke kampung halaman. Menanggapi hal itu, pemda setempat langsung sigap membantu pemulihan psikis warga rantau tersebut.

Tindakan itu dilakukan, lantaran para warga yang pulang dari Wamena, Papua, mengalami depresi. Bayang-bayang saat terjadi kericuhan, masih membekas di kepala para warga itu.

“Alhamdulillah sudah sampai dengan selamat. Kami akan menugaskan tim medis dari puskesmas untuk memeriksa kesehatan mereka. Mereka harus tenang, tanpa tekanan psikis karena kondisi di Wamena membuat mereka trauma,” kata Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin, Kamis (3/10/2019).

Selanjutnya, yang menjadi tantangan Pemerintah Kota Probolinggo adalah bagaimana mereka bisa tetap mempunyai pendapatan, dengan skill yang dimiliki. Wali Kota Hadi menyebut, pihaknya akan melihat potensi apa yang dimiliki oleh masing-masing eks warga rantau Papua ini. Pemkot Probolinggo, sejauh ini memiliki program penggerakan 500 UMKM per tahun.

“Kami akan lihat keluarga ini punya keahlian apa. Lalu kami fasilitasi untuk yang terbaik bagi warga ini. Jadi mereka tidak perlu jauh-jauh mencari pekerjaan, cukup di Kota Probolinggo saja,” tegas wali kota.

Sebelumnya, Wali Kota Hadi Zainal Abidin beserta PJU Pemkot Probolinggo, bersafari mengunjungi rumah warga eks perantauan Wamena, Papua. Tak hanya berkunjung, wali kota juga memberikan tali asih. Sebagai wujud kehadiran pemerintah, terhadap warga yang datang tanpa membawa harta benda secuilpun. (lai/saw)