Ini yang Dibidik Kapolres Pasuruan Baru

2650
Kapolres Rofiq saat memimpin rapat koordinasi penanganan Karhutla di wilayah Kabupaten Pasuruan, beberapa waktu lalu. Foto : Humas Polres Pasuruan.

Bangil (WartaBromo.com) – Puncak komando jajaran Polres Pasuruan saat ini berada di pundak AKBP Rofiq Ripto Himawan. Pencegahan coba ia prioritaskan, selain pemberantasan kejahatan yang tetap dilakukan.

Secara resmi, Rofiq menduduki kursi tertinggi di Mapolres Pasuruan itu, terhitung masih kurang dari sepekan. Ia pun menyadari, harapan besar warga terhadap jaminan keamanan, sedemikian besar ditimpakan kepadanya.

Pria yang sebelumnya menjabat Kasubdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Jatim ini kemudian menegaskan arah gerak dan kebijakan yang bakal diterapkan selama bertugas di Pasuruan.

“Street crime. Fokus itu,” tandas Rofiq, dalam ajang silaturahmi bersama wartawan di Bangil, Kamis (3/10/2019).

Rofiq kemudian memaparkan jika Ia sempat berkeliling ke napi penjahat di jalanan. Hasilnya, para napi mengaku, tindak kriminal seperti begal dan pencurian dilakukan, lebih karena terhimpit ekonomi.

Urusan perut menjadi permasalahan utama yang diungkapkan pelaku kriminal ini. Selain melakukan pemberantasan tindak kriminal, Rofiq juga akan melakukan upaya pencegahan.

Kalimat itu seakan sebagai sikap sekaligus menjawab harapan sebagian besar warga yang menginginkan begal motor hingga penjambretan ditindak tegas.

Seperti diketahui, warga Pasuruan menyampaikan harapan dan meminta Kapolres yang baru untuk meniru pemberantasan kejahatan ala Tim Cobra Polres Lumajang.

Pun demikian, Rofiq juga diminta belajar kepada AKBP Arsal Sahban, Kapolres Lumajang secara khusus untuk melenyapkan begal hingga maling. (ono/ono)