Tanda Seseorang Cerdas Secara Emosional

2187

Pasuruan (wartabromo.com) – Setiap orang memiliki kemampuan berbeda dalam mengelola emosional diri. Pengelolaan emosi ini ternyata sangat penting untuk dipahami oleh masing-masing individu.

Kemampuan dalam memahami, mengekspresikan dan mengelola emosi disebut juga dengan Kecerdasan Emosional.

Dikutip dari viva, kecerdasan emosi yang ditingkatkan, sangat berguna dalam segala keadaan, baik di tempat kerja, rumah, sekolah, atau bahkan ketika hanya bersosialisasi dengan teman.

Nah, bila ingin mengetahui apakah diri sendiri sudah cerdas secara emosional, coba periksa beberapa aspek berikut:

1. Memikirkan reaksi diri sendiri

Orang dengan kecerdasan emosional yang baik, pasti memikirkan pro kontra terhadap sesuatu sebelum bereaksi. Sebaliknya, orang dengan kecerdasan emosional kurang, cenderung bereaksi tanpa memberi waktu pada diri sendiri untuk mempertimbangkan pro dan kontra suatu situasi.

Tingkat kecerdasan emosional dapat dilihat dari bagaimana seseorang membedakan antara reaksi yang baik dan reaksi buruk terhadap keadaan.

2. Melihat situasi sebagai tantangan

Jika seseorang dapat mengenali emosi negatif dalam diri dan melihat situasi sulit sebagai tantangan, artinya, kecerdasan emosional dinilai cukup tinggi. Sebab, hal itu menunjukkan bahwa dalam diri telah mampu berfokus pada hal positif, tekun dan pantang menyerah.

3. Dapat mengatur emosi

Dalam segala aspek kehidupakn, pasti ada titik dimana diri sedang dikuasai oleh perasaan tak menentu. Nah, orang dengan kecerdasan emosional tinggi pasti punya cara tersendiri untuk mengatur emosi secara tepat sesuai dengan keadaan yang ada.

4. Mampu menempatkan diri pada posisi orang lain

Aspek satu ini mungkin dibutuhkan dalam lingkungan kerja. Para karyawan dituntut untuk mampu mengelola emosi sesuai aturan organisasi.

Seperti jika kita berada dalam posisi pelayanan pelanggan. Sebagai salah satu karyawan yang langsung berhadapan dengan pelanggan, ada beberapa hal yang bisa mengaduk emosi.

Misalnya jika pelanggan marah, sebisa mungkin karyawan harus tetap memperlakukan dengan lembut dan baik. Tidak terpengaruh dengan emosional pelanggan.

Jadi, itu tadi 4 aspek yang perku diketahui dalam diri bolo terkait kecerdasan emosional. Jika merasa masih belum memenuhi semua aspek diatas, artinya bolo harus terus melatih diri agar dapat mengelola emosi secara tepat. (bel/may)