Wadahi Kreativitas Pemuda, STKIP PGRI Pasuruan Gelar Festival Basa

409

Pasuruan (wartabromo.com) – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Pasuruan wadahi kreatifitas pemuda di bidang sastra. Hal itu diwujudkan dengan gelaran Festival Basa 2019.

Cholidatul Khamidah, Ketua Panitia, menuturkan, berbagai kegiatan sengaja digelar dalam memperingati bulan bahasa 2019. Mulai dari lomba deklamasi, musikalisasi puisi, cipta karya cerpen dan puisi, serta seminar kepenulisan.

“Ya, harapannya seminar ini bisa menambah semangat berliterasi serta mengasah kreativitas kalangan mahasiswa dan pelajar,” tutur Cholidatul, Sabtu (12/10/2019).

Lomba Deklamasi diperuntukkan bagi siswa SMP sederajat se Jawa Timur. Lalu Lomba Musikalisasi Puisi bagi siswa SMA sederajat se Jatim. Terakhir, Lomba Cipta Karya Cerpen dan Puisi bagi kalangan umum.

Baca juga : Jaga Eksistensi Koperasi, Mahasiswa STKIP-STIT PGRI Pasuruan Gelar Seminar

Kegiata ini mengusung tema “Gelora Literasi Bahasa dan Sastra di Era Millenial”. Rangkaian kegiatan itu telah dilaksanakan mulai 9 Oktober lalu di Gedung Serbaguna STKIP-STIT PGRI Pasuruan, yang ditutup dengan Seminar Kepenulisan, Sabtu (12/10/2019).

Penutupan Festival Basa ini menarik antusias masyarakat. Setidaknya ada 135 peserta dari kalangan umum yang mengikuti Seminar Kepenulisan tersebut.

Sekadar diketahui, selain bertujuan untuk menumbuhkan rasa kecintaan dan kebanggaan dalam kasusastraan Indonesia, festival Basa ini juga dalam rangka memperingati HUT Bahasa Indonesia ke-91. (bel/**)