Pemkot Pasuruan Gelar Upacara Bersarung di Hari Santri

351
Pengibaran bendera di Upacara Hari Santri Nasional Kota Pasuruan. Foto : Akhmad Romadoni.

Pasuruan (wartabromo.com) – Pemerintah Kota Pasuruan menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Gor Untung Suropati, Selasa (22/10/2019). Ribuan santri kompak mengenakan pakaian bernuansa putih dilengkapi sarung, dalam peringatan ini.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo. Teno juga mengenakan baju kokoh putih bersarung.

“Saya berharap para santri tetep semangat untuk selalu menciptakan dan menjaga perdamaian dunia,” ujar Teno, saat amanat pembina upacara.

Pria berkacamata ini mengungkap, sejarah mencatat santri juga ikut memerdekaan Indonesia dan melawan penjajah. Nah, perjuangan santri tersebut kata Teno perlulah dilanjutkan.

Bukan dengan perlawanan kepada penjajah, namun dalam bidang pengembangan teknologi demi kemajuan bangsa.

“Para santri masa kini, dapat selalu memperkuat jiwa religius dengan teknologi untuk tanah air indonesia,” lanjut Teno.

Sekadar diketahui, selain santri, Upacara ini diikuti oleh OPD, tokoh masyarakat dan juga pelajar.

Nah, Upacara pagi ini menjadi perayaan puncak dalam peringatan Hari Santri di Kota Pasuruan. Sebelumnya, Pemkot telah menggelar berbagai lomba diantaranya Futsal Sarungan, Poskestren hingga Paduan Suara.

Nama pemenang pun sudah dikantongi. Upacara HSN ini juga digunakan sebagai momen penyerahan hadiah perlombaan tersebut. (don/**)