Deretan Hantu Ikonik di Film Horor

488

Pasuruan (Wartabromo.com) – Film bergenre horor masih menjadi favorit. Bagi pecintanya, menonton film horor selalu memberikan sensasi berbeda dan memacu adrenalin.

Bahkan, beberapa film meninggalkan kesan tersendiri bagi penonton. Termasuk tokoh pemeran “hantu” dalam film. Melansir CNN Indonesia, ada beberapa karakter film horor yang ikonik dan seakan terus terngiang.

Kira-kira, apa saja karakter ikonik yang pernah ada dalam film? Berikut daftarnya :

Pennywise – IT

Pennywise berwujud badut dengan yang selalu membawa balon merah. Barit satu ini merupakan tokoh dari film IT dan IT Chapter Two.

Film tersebut diadaptasi dari novel karya Stephen King. Cerita ini sebenarnya sudah tayang dalam bentuk mini seri pada 1990, disusul serial televisi pada 1998. Namun Pennywise tetap menarik perhatian, hingga IT rilis pada 2017 dan sekuelnya, IT Chapter Two.

Diperankan oleh Bill Skarsgard, Pennywise The Dancing Clown dikenal mengincar anak-anak. Ia ‘hidup’ di gorong-gorong bawah tanah. Berbekal balon merah, pennywise menggoda korbannya.

Ada sebagian orang yang beranggapan,
Pennywise terinspirasi dari pembunuh berantai John Wayne Gacy, pembunuh berantai AS. Tak hanya membunuh, John juga memperkosa, menyiksa, dan menghabisi nyawa 33 bocah dan remaja lelaki dalam medio 1972 sampai 1978.

Sadako – Ring

Karakter hantu satu ini merupakan hasil imajinasi novelis Koji Suzuki. Koji Suzuki mengadaptasi Sadako dari kisah hantu pembalas dendam yang diceritakan turun temurun di Jepang.

Salah satunya Okiku, pelayan yang dituduh merusak satu dari sejumlah pusaka tuannya. Okiku dipercaya dibunuh dan dibuang ke dalam sumur. Akibatnya, salah satu sumur di Puri Himeji, Jepang, menjadi tempat angker sampai saat ini.

Nah, dalam film Rings, Sadako datang dari Jepang. Diceritakan, Sadako menjemput ajalnya sendiri dengan terjun ke dalam sebuah sumur tua.

Sadako menebar teror melalui rekaman video terkutuk. Karena kekuatan dan kebenciannya begitu besar, ia bahkan bisa keluar dari layar televisi untuk membunuh korbannya.

Jigsaw – Saw

Jigsaw dikenal sebagai pembunuh sadis. Ia tak segan memotong, membelah, mengiris, dan mematahkan anggota tubuh korban. Bahkan saat mereka masih hidup dan terus berteriak meminta tolong, ia akan tetap menyiksa korbannya.

Jigsaw juga menciptakan sejumlah alat penyiksa, seperti The Rack yang dapat membuat tangan dan kaki korban berputar sampai tulang-tulangnya pecah.

Pocong – Pocong

Pocong, salah satu karakter horor yang sangat lekat dengan masyarakat Indonesia. Pocong menjadi salah satu legenda urban yang diyakini benar keberadaannya. Jenazah terbungkus kain kafan dengan ikatan lengkap, menjadi ciri khas karakter pocong.

Karakter horor satu ini telah muncul di sejumlah film Indonesia. Mulai dari Pocong, Pocong 2, 40 Hari Bangkitnya Pocong hingga Jaga Pocong.

Valak – The Conjuring 2

Satu lagi, karakter horor hang ikonik, yakni Valak dalam film The Conjuring 2. Valak dalam demonologi Kristen sebagai Pemimpin Neraka yang membawahi 30 legiun iblis. Ia memiliki banyak nama dan versi.

Namun, secara umum digambarkan sebagai sosok anak kecil bersayap malaikat yang menunggangi naga berkepala dua.

Itu jelas berbeda dengan tokoh valak dalam film. Dalam cerita The Conjuring, Valak berwujud biarawati. Penggambaran itu adalah hasil pemikiran sang sutradara, James Wan. Menurutnya, ide tersebut ia dapat setelah berdiskusi dengan Lorraine Warren yang asli, yang dikabarkan memang pernah dihantui Valak.

Lalu, apa saja karakter horor paling diingat versi bolo?(bel/may)