Tiang Listrik Roboh, Ribuan Warga Tengger Probolinggo Gelap Gulita

571

Probolinggo (wartabromo.com) – Ribuan warga Tengger di Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo gelap gulita. Itu terjadi setelah 10 tiang kabel listrik roboh akibat diguyur gujan lebat pada Sabtu, 2 November 2019.

Sepuluh tiang kabel listrik yang roboh ini, berada di jalur utama distribusi aliran listrik. Mulau dari Desa Sumber hingga di Desa Pandansari. Terbanyak berada di Dusun Pojok Desa Pandansari yakni sebanyak 8 unit.

“Sudah sejak kemarin listrik di rumah kami mati. Gelap gulita dah pada malam harinya. Kami hanya mengandalkan listrik yang dialirkan oleh PLN,” terang Umam, warga Kecamatan Sumber, Minggu (3/11/2019).

Menurut Camat Sumber, Saniwar, kemungkinan besar warga yang terdampak mencapai ribuan warga. Sebab di atas Desa Sumber dan Pandansari, ada beberapa desa lain, mulai Ledok Ombo, Sumber Anom, hingga Wonokerso. Mereka tidak bisa menikmati listrik sejak Sabtu petang.

Hingga saat ini, petugas PLN masih memperbaiki tiang listrik yang roboh. Seperti di dekat dengan SMK N 1 Sumber. “Kawasan Sumber dan sekitarnya padam sejak Sabtu malam. Sampai saat ini, masih dilaporkan mati lampu. Menunggu selesainya perbaikan,” kata Saniwar.

Ia menduga robohnya tiang-tiang kabel listrik itu, akibat derasnya guyuran hujan. Sehingga tanah yang semula padat menjadi gembur, yang pada akhirnya tidak mampu menahan beban tiang.

“Bisa jadi, selain karena hujan, tiang listrik ini roboh kemungkinan karena tiangnnya kurang dalam, ditambah tanahnya gembur,” tandas pria berkumis itu. (cho/saw)