Mantan Kadinkes Resmi Jabat Sekda Kota Probolinggo

755

Probolinggo (wartabromo.com) – Sempat tertunda lantaran rekom Gubernur Jawa Timur tak jua turun, akhirnya Kota Probolinggo punya Sekda definitif. Mantan Kepala Dinas Kesehatan, Ninik Ira Wibawati, resmi menjabat sebagai Sekdakot Probolinggo.

Pelantikan Sekda definitif, digelar di rumah dinas Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin, Senin (18/11/2019). Untuk alasan kekhidmatan, prosesi dilakukan tertutup. Namun anehnya, pihak humas malah siaran langsung prosesi pelantikan, di akun medsos Humas Pemkot Probolinggo.

Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin menyebut, sekda yang terpilih murni karena hasil assesment tertinggi. “Dari 3 nama peraih nilai terbaik hasil assessment Sekda, dokter Ninik berada pada posisi paling atas,” ujarnya, Senin (18/11/2019) siang.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan ini, dipercaya mengemban amanah menjadi sekretaris daerah, selama kepemimpinan Walikota Hadi Zainal Abidin dan wakil walikota HMS Subri.

Dikonfirmasi terpisah, Sekda terpilih, Ninik Ira Wibawati menyebut dirinya tak menyangka akan menjadi Sekda. Diungkapkan, baru kali ini Pemkot Probolinggo memiliki Sekda perempuan. Bahkan menjelang prosesi pelantikan berlangsung, ia dan dua calon lainnya sama-sama diminta maju dan melihat langsung amplop yang berisi nama Sekda terpilih.

“Kami akan berusaha mendukung segala kebijakan yang telah dibuat oleh wali kota. Setidaknya bisa membantu dan mempermudah kinerja wali kota dan wakil wali kota sesuai dengan RPJMD yang telah dibuat selama 5 tahun ke depan,” tandasnya.

Sebelumnya, Tim Pansel telah melakukan proses seleksi terhadap 10 calon Sekda. Hasilnya, 3 nama terbaik muncul. Yaitu kepala dinas kesehatan Ninik Ira Wibawati, Asisten Administrasi Umum Budiono Wirawan dan Kepala dinas perikanan Sudiman.

Ketiganya telah mengikuti proses seleksi dari tahapan awal hingga tahapan akhir. Yang kemudian diserahkan ke meja Wali Kota Probolinggo, untuk penentuan nama Sekda defenitif. (lai/saw)