Pilkades di 11 Desa Ini Dimenangi Perempuan, Berikut Daftarnya

2303
Pilkades Desa Kedungringin, Kecamatan Pandaan. Foto : Yantonius

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kontestasi Pilkades se Kabupaten Pasuruan tak hanya diikuti oleh kaum adam. Kaum hawa juga tak mau kalah.

Bahkan, dari 240 desa yang menggelar pilkades serentak Sabtu (23/11/2019) lalu, 11 di antaranya berhasil dimenangi perempuan.

Sebelas perempuan tersebut berada di beberapa Kecamatan di Pasuruan. Salah satu Kades wanita terpilih itu, juga ada dari pasangan suami istri.

Seperti di Desa Kedungringin, Kecamatan Beji. Berikut rincian desa dengan kades baru perempuan hasil pilkades serentak Kabupaten Pasuruan:

1. Desa Tambaan, Kecamatan Bangil
2. Desa Kedungringin, Kecamatan Beji
3. Desa Bulusari, Kecamatan Gempol
4. Desa Wonosari, Kecamatan Gondang Wetan
5. Desa Ngabar, Kecamatan Kraton
6. Desa Lumbang, Kecamatan Lumbang
7. Desa Wotgalih, Kecamatan Nguling
8. Desa Wates Tani, Kecamatan Nguling
9. Desa Sambirejo, Kecamatan Rejoso
10. Desa Gading, Kecamatan Winongan
11. Desa Menyarik, Kecamatan Winongan

Sebelumnya Pilkades berlangsung, Sabtu (23/11/2019). Diikuti sebanyak 240 Desa dari 24 Kecamatan dengan calon 755 orang.

Tercatat 3 pasang suami-istri yang maju dalam Pilkades serentak itu. Yakni Desa Kedungringin, Kecamatan Beji, Desa Prodo, Kecamatan Winongan, dan Desa Masangan, Kecamatan Bangil.

Namun, belum diketahui berapa jumlah incumbent yang berhasil terpilih pada Pilkades 2019 ini.

Kabid Bina Pemerintahan Desa, Rido Nugroho mengatakan, pihaknya masih melakukan pendataan secara keseluruhan siapa saja incumbent yang terpilih.

“Masih kami data dulu, setelah itu kami laporkan pada Bupati. Baru bisa kami publikasikan,” ungkap Rido kepada Wartabromo, Senin (25/11/2019) di kantornya. (trn/asd)