Jelang Ditutup, Masih Ada Formasi CPNS yang Kosong Pelamar

1192

Jakarta (WartaBromo.com) – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 segera ditutup. Namun, 10 formasi tercatat kosong pelamar.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI mengungkap, setidaknya sudah 3,9 juta warga yang melamar PNS per 28 November 2019 pukul 16.43 WIB.

Jumlah tersebut diperkirakan terus bertambah, mengingat sudah 5 juta lebih warga yang telah membuat akun di website SSCN ASN.

Nah, meski banyak sekali pelamar yang sudah submit persyaratan, sejumlah formasi masih sepi peminat. Rata-rata formasi yang sepi peminat itu yakni Dosen.

10 formasi itu yakni Pengelola Pemeliharaan Laboratorium, Asisten Ahli – Dosen Arkeologi, Asisten Ahli – Dosen Asas-Asas Kebudayaan Islam, Asisten Ahli – Dosen Audit Perbankan Syari`Ah, Asisten Ahli – Dosen Bahasa Cina.

Baca Juga :   Laga Halal Bihalal, Bupati dan Kajari Sumbang Gol

Ada juga Asisten Ahli – Dosen Bahasa Pali, Asisten Ahli – Dosen Diksi, Asisten Ahli – Dosen Estetika Musik, Asisten Ahli – Dosen Etnomusikologi dan Asisten Ahli – Dosen Filsafat Buddhis.

Rupanya, para pelamar lebih menaruh minat dengan formasi lain. Diantaranya Penjaga Tahanan, Guru Kelas, Bidan, Perawat hingga Guru Agama Islam. Formasi tersebut menjadi primadona dengan pelamar mencapai ratusan ribu.

Selain soal formasi, setidaknya ada 10 instansi yang memiliki sedikit pelamar. Baik dari kementerian maupun non kementerian. Diantaranya Kementerian Riset dan Teknologi dengan hanya 245 pelamar, dan Pemkab Labuhanbatu Selatan dengan 393 pelamar.

Instansi ini rata-rata sudah menutup pendaftaran pada minggu ini. Namun beberapa kementerian ada yang masih membuka lowongan hingga 6 Desember 2019. (may/ono)